Selamat datang di tapteng.go.id - Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah - Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan silahkan kirim e-mail ( humas@tapteng.go.id ) melalui layanan pengaduan ini.

UPDATE COVID-19

Link Terkait
Pengunjung

Artikel

Sekda Kabupaten Tapanuli Tengah Sebagai Pimpinan Apel Siaga Bencana Tahun 2020 Yang Digelar Polres Tapanuli Tengah
Tanggal Posting : Selasa, 10 November 2020 | 20:06 WIB
Pengirim : KOMINFO - Dibaca : 70 Kali

Sekda Kabupaten Tapanuli Tengah Sebagai Pimpinan Apel Siaga Bencana Tahun 2020 Yang Digelar Polres Tapanuli Tengah
PANDAN – Polres Tapanuli Tengah menggelar Apel Siaga Bencana Tahun 2020 di Lapangan Apel Mapolres Tapanuli Tengah, Senin ()9/11/2020). Sebagai Pimpinan Apel Siaga Bencana Tahun 2020 tersebut adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tapanuli Tengah Drs. Hendri Susanto Lumbantobing, M.Si (mewakili Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani) dan sebagai Komandan Apel adalah IPDA Sangkot Sitorus.
Turut hadir dalam Apel Siaga Bencana Tahun 2020 ini, yaitu Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Nicolas Dedy Arifianto, SH, SIK, MH, Dandim 0211/TT Lektol (Inf) Dadang Alex, S.Sos, Dansat Radar 234 Letkol (Lek) Damardita Hiranda, Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Andris BM. Simaremare, Dandenpom 1/2 Letkol CPM Hasanuddin Siagian, Wakapolres Tapanuli Tengah, para Kabag, Kasatfung, Kapolsek, dan para Pama jajaran Polres Tapanuli Tengah, Personil Denpom I/2 Sibolga, Personil Kodim 0211/TT, Personil Lanal Sibolga, Personil Satradar 234 Sibolga, Personil Polres Tapanuli Tengah, Personil Basarnas, serta Personil Satpol PP Kabupaten Tapanuli Tengah.

Dalam amanatnya, Pimpinan Apel mengatakan sejak diterbitkannya Undnag-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana disebutkan bahwa wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki kondisi geografis, geologis, hidrologis, dan demografis yang memungkinkan terjadinya bencana, baik yang disebabkan oleh faktor alam, faktor non alam, maupun faktor manusia yang menyebabkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan,kerugian harta benda, dan dampak psikologis yang dalam keadaan tertentu dapat menghambat pembangunan.
“Sebagaimana kita ketahui bersama, saat ini kita sudah memasuki bulan November dimana pada bulan ini intensitas hujan, khususnya di daerah kita cukup tinggi. Akibat dari tingginya curah hujan bisa berdampak terjadinya longsor maupun banjir di daerah kecamatan di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah.
Pada awal tahun 2020, kita dihadapkan dengan bencana banjir yang terjadi di beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah, yang diakibatkan oleh derasnya hujan dan meluapnya air sungai, serta bencana longsor yang mengakibatkan terhambatnya arus transportasi dari dan menuju wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah.
Apel ini menjadi hal wajib untuk kesiapsiagaan diri kita yang harus digalakkan khususnya untuk masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah. Apel Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang dilaksanakan pada tanggal 09 November ini dengan mempertimbangkan Undnag-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulan Bencana yang merupakan perangkat hukum pertama yang merubah paradigma penanggulan bencana dari responsif ke preventif atau pengelolaan resiko bencana,” kata Pimpinan Apel, Drs. Hendri Susanto Lumbantobing, M.Si.
Pimpinan Apel mengatakan bahwa pemerintah pusat dan daerah mengajak seluruh lembaga swadaya masyarakat dan semua pihak terkait dalam hal kesiapsiagaan untuk turut bersama-sama berupaya semaksimal mungkin meningkatkan partisipasi dan peran aktif komunitas dan masyarakat dalam upaya penanggulana bencana, dan yang terpenting adalah mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut peduli terhadap lingkungan dan usaha penanggulangan bencana agar masyarakat mengerti tanda adanya bencana, penanggulangannya, dan selamat dari bencana.
“Kita tahu bahwa bencana alam merupakan sesuatu yang sulit diprediksi namun kita bisa melakukan antisipasi untuk meminimalisir dampak-dampak yang akan timbul dari bencana. Kesiapsiagaan Bencana Alam Tahun 2020 Kabupaten Tapanuli Tengah pada hari ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan kita untuk melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan bencana alam yang menjadi ancaman, baik bagi stabilitas pemerintah daerah maupun nasional,” kata Pimpinan Apel dalam amanatnya.


Artikel Lainnya
Beri Komentar

RSUD Pandan
 
Kabupaten Tapteng

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan kirim e-mail (humas@tapteng.go.id), melalui layanan pengaduan ini.

Terima kasih

 
Copyright 2014-2016 tapteng.go.id All Rights Reserved