Selamat datang di tapteng.go.id - Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah - Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan silahkan kirim e-mail ( humas@tapteng.go.id ) melalui layanan pengaduan ini.

Lambang Negara RI

Link Terkait
Pengunjung

Artikel

Gubsu Buka Pra Musrenbang Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017 Wilayah Pantai Barat di Kab. Tapanuli Tengah
Tanggal Posting : Rabu, 5 April 2017 | 14:59 WIB
Pengirim : KOMINFO - Dibaca : 651 Kali

Gubsu Buka Pra Musrenbang Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017

Wilayah Pantai Barat di Kab. Tapanuli Tengah

 

Pandan,

Pelaksanaan Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan Provinsi Sumatera Utara (Pra Musrenbang Provsu) Tahun 2017 Wilayah Pantai Barat resmi dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara(H. Tengku Erry Nuradi, M.Si) di Ball Room PIA Hotel Pandan, Senin (03/04/2017)

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pra Musrenbang Provsu Tahun 2017 Wilayah Pantai Barat baru dua kali dilaksanakan, yaitu mulai tahun 2016 yang dipusatkan di Kota Padangsidimpuan. Pra Musrenbang Provsu dibagi menjadi empat wilayah pelaksanaan, yaitu Wilayah Dataran Tinggi, WilayahPantai Timur, Wilayah Kepulauan Nias, dan pada hari ini Pra Musrenbang Kawasan Pantai Barat dipusatkan di Kabupaten Tapanuli Tengah (Kab. Tapteng). Pra Musrenbang diadakan tentunya dalam rangka mendekatkan program per wilayah yang ada di Sumatera Utara (Sumut). Hal ini, dilaksanakan karena Sumutwilayahnya sangat luas terdiri dari 33 kabupaten/kota dengan jumlah penduduk 14 juta jiwa.

Tujuan Pra Musrenbang ini adalah menghimpun aspirasi dari para pemangku kepentingan disetiap daerah untuk diprioritaskan melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provsu dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).Provinsi mengambil peran pembangunan disesuaikan dengan keuangan dan tugas pokok fungsi (tupoksi) provinsi, sebagai contoh yaitu pembangunan Jalan Provinsi, Irigasi Provinsi, Sekolah Provinsi, dan lain sebaginya. Anggaran yang dipergunakan benar-benar terarah dan dapat mencapai sasaran sejalan dengan RPJMN dengan memasukan di dalamnya Program Nawacita.

Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provsu Tahun 2018 mengacu dari pusat, provinsi, kabupaten/kota dalan rangka menyelaraskan kebijakan Pusat dengan 10 prioritas pembangunan pusat dan 9 prioritas pembangunan Provsu meliputi, peningkatan kehidupan beragama, penegakan hukum, penguatan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), pelayanan publik dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Peningkatan aksessibilitas dan kualitas pendidikan. Peningkatan aksessibilitas dan pelayanan kesehatan. Kemudian, meningkatan penguasaan ilmu pengetahuan, penerapan teknologi, inovasi dan kreatifitas daerah. Peningkatan infrastruktur, pengembangan wilayah, mitigasi bencana dan pelestarian lingkungan hidup mendukung daya saing perekonomian. Peningkatan ekonomi kerakyatan. Perluasan kesempatan kerja dan peningkatan kesejahteraan rakyat miskin. Peningkatan produksi, produktifitas dan daya saing produk pertanian, kelautan dan perikanan serta mendukung dan mendorong kebijakan Nasional di daerah. 

Pj. Bupati Tapanuli Tengah (Drs. Bukit Tambunan, M.AP) selamat datang kepada Gubsu beserta rombongan di Tapteng “Negeri Wisata Sejuta Pesona”. Apresiasi disampaikan kepada Gubsu yang telah mempercayai Tapteng sebagai Tuan Rumah pelaksanaan Pra Musrenbang Tahun 2017 Wilayah Pantai Barat ini. Tapteng sebagai pusat (central) di Wilayah Pantai Barat Sumut memiliki peran yang sangat strategis karena didukung oleh Bandara Dr. Ferdinand Lumbantobing.Kurun waktu dua tahun ini, selama 7 (tujuh) bulan terakhir Presiden Republik Indonesia sudah dua kali mengunjungi Tapteng, yaitu pada Agustus 2016 dan pada Jumat 24 Maret 2017 yang lalu untuk meresmikan Titik Nol Peradaban Islam di Nusantara yang dilaksanakan di Barus. Dengan kunjungan tersebut menjadi titik awal percepatan peningkatan pembangunan di Tapteng. Untuk mempercepat pembangunan di Wilayah Pantai Barat diperlukan sinergitas dan kerjasama dari seluruh Bupati dan Walikota sehingga dapat menyatukan persepsi terkait hal-hal yang mendesak dan prioritas dibangun untuk kepentingan masyarakat umum.

Ketua DPRD Provsu (H. Wagirin Anwar, S.Sos) diwakili Anggota DPRD Provsu(Ir. Juliski Simorangkir) dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan merupakan suatu proses perubahan yang dapat terjadi dalam benruk sarana prasarana ataupun revolusi mental. Dalam Otonomi Daerah, Pemerintah Pusat telah memberikan kewenangan luas kepada Pemerintah Daerah (Pemda). Pemda diberi kewenangan untuk meningkatkan pelayanan publik dan pemberdayaan masyarakat .

Hari ini Pra Musrenbang Provsu diadakan, yang merupakan suatu kesempatan untuk mengkomunikasikan menyusun APBD Sumut Tahun 2018 yang akan datang. Pra musrenbang sebagai media menghubungkan masyarakat, daerah dengan daerah yang lain tujuannya untuk membangun yang lebih prioritas kebutuhan dasar masyarakat di masing-masing daerah.Melalui kegiatan ini, baik pihak Eksekutif, Legislatif, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan, mari kita manfaatkan kegiatan untuk berdiskusi secara bijak untuk menuju Sumut yang Sejahtera.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Provsu (Ir. Irman, M.Si)dalam laporannya menyampaikan bahwa Pra Musrenbang Wilayah Pantai Barat Sumut meliputi Kab. Tapteng, Kota Sibolga, Kab. Tapanuli Selatan, Kota Padangsidimpuan, Kab. Padang Lawas Utara, Kab. Padang Lawas, dan Kab. Mandailing Natal, yang dihadiri Bupati/Walikota, Kepala Bappeda se Wilayah Pantai Barat Sumut.Kegiatan ini diadakan di PIA Hotel Pandan, pada hari Senin 3 April 2017.Adapun Tema Pra Musrenbang Provsu Tahun 2017 ini adalah "Sinergi Pembangunan Dalam Memacu Pertumbuhan Inklusif Yang Berkelanjutan dan Berdaya Saing Menuju Sumatera Utara Sejahtera.”

Pra Musrenbang ini turut dihadiri oleh Ketua TP PKK Provsu(Ny. Evi Erry Nuradi), Bupati dan Walikota Wilayah Pantai Barat, SKPD Provinsi, Sekdakab Tapteng, Kepala Bappeda se Wilayah Pantai Barat dan Narasumber dari Bank Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan BPS.

 

Foto Gubsu bersama DPRD Provsu, Bupati/Walikota dan yang mewakili saat Pra Musrenbang Provsu Tahun 2017 Wilayah Pantai Barat

Foto Gubsu bersama DPRD Provsu, Bupati/Walikota dan yang mewakili saat Pra Musrenbang Provsu Tahun 2017 Wilayah Pantai Barat

Foto Gubsu bersama DPRD Provsu, Bupati/Walikota dan yang mewakili

saat Pra Musrenbang Provsu Tahun 2017 Wilayah Pantai Barat

 

Foto : Sambutan Pj. Bupati Tapteng saat Pra Musrenbang Provsu Tahun 2017

Foto : Sambutan Pj. Bupati Tapteng saat Pra Musrenbang Provsu Tahun 2017

 

Foto : Sambutan Pj. Bupati Tapteng saat Pra Musrenbang Provsu Tahun 2017

 

Foto : Sambutan Ketua DPRD Provsu yang dibacakan Juliski Simorangkir

 

Foto : Sambutan Ketua DPRD Provsu yang dibacakan Juliski Simorangkir

Foto : Sambutan Gubsu dan membuka secara resmi Pra Musrenbang Provsu Tahun 2017 Wilayah Pantai Barat

Foto : Sambutan Gubsu dan membuka secara resmi Pra Musrenbang

 

Provsu Tahun 2017 Wilayah Pantai Barat



Artikel Lainnya
Beri Komentar

RSUD Pandan
 
Kabupaten Tapteng

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan kirim e-mail (humas@tapteng.go.id), melalui layanan pengaduan ini.

Terima kasih

 
Copyright 2014-2016 tapteng.go.id All Rights Reserved