Selamat datang di tapteng.go.id - Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah - Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan silahkan kirim e-mail ( humas@tapteng.go.id ) melalui layanan pengaduan ini.

UPDATE COVID-19

Link Terkait
Pengunjung

Artikel

Bupati Tapanuli Tengah Beri Motivasi Kepada 105 Mahasiswa Penerima Beasiswa, "Kalian Harus Lebih Hebat Dari Pada Saya"
Tanggal Posting : Kamis, 12 November 2020 | 21:30 WIB
Pengirim : KOMINFO - Dibaca : 81 Kali

Bupati Tapanuli Tengah Beri Motivasi Kepada 105 Mahasiswa Penerima Beasiswa, "Kalian Harus Lebih Hebat Dari Pada Saya"

 

PANDAN - Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi Wakil Bupati Tapanuli Tengah Darwin Sitompul, Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah Khairul Kiyedi Pasaribu dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah Willy Saputra Silitonga, SH berikan motivasi kepada 105 Mahasiswa Penerima Beasiswa Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Tahun 2020 bertempat di Gedung Serbaguna (GOR) Pandan pada Kamis (12/11/2020).

Pada kesempatan itu, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani menjelaskan pemberian Beasiswa untuk kuliah di PTN kepada masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah yang berprestasi dan dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi melalui pembiayaan APBD Kabupaten Tapanuli Tengah telah direalisasikan sejak tahun 2019 dengan jumlah Penerima sebanyak 20 mahasiswa, warga Kabupaten Tapanuli Tengah. 

Pada tahun 2020, jumlah penerima beasiswa ini ditingkatkan menjadi 105 mahasiswa, untuk Mahasiswa yang Kuliah di Sumatera Utara mendapatkan Rp. 1.000.000 setiap bulannya dan yang kuliah di luar Sumatera Utara mendapatkan Rp. 1.500.000 setiap bulannya selama 4-5 tahun atau maksimal 10 semester.

"Ini baru sejarah di Kabupaten Tapanuli Tengah, mungkin juga di daerah lain, Bupatinya menyiapkan anggaran beasiswa yang cukup besar dan jumlah yang banyak untuk kemajuan masyarakat di bidang pendidikan.

Tahun pertama kita sudah memberikan beasiswa untuk 20 orang dengan besaran Rp. 2 juta per orang selama 4-5 tahun. Dan tahun ini, kita sediakan beasiswa untuk 105 orang, karena banyak anak-anak Tapteng yang mampu dalam pendidikan tetapi lemah dalam ekonomi, makanya ditampung tahun ini untuk 105 orang. Dan tahun depan juga akan kita tampung lagi," kata Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Bupati menyebutkan, karena jumlah penerima sudah bertambah tahun ini dari 20 orang menjadi 105 orang, sudah barang tentu jumlah yang diterima juga berkurang.

"Kalau yang angkatan pertama menerima Rp. 2 juta per bulan selama lima tahun maka untuk angkatan kedua ini menjadi Rp. 1,5 juta per orang untuk mahasiswa di luar Provinsi Sumatera Utara, dan Rp. 1 juta untuk mahasiswa dalam Provinsi," tutur Bupati Tapanuli Tengah.

"Jadi perlu kalian tahu semua, saya menghadapi tantangan berat bahkan cacian dalam memperjuangkan beasiswa bagi keluarga yang tidak mampu ini. Dan baru kali ini sejarahnya di Kabupaten Tapanuli Tengah Bupatinya memberikan beasiswa dengan jumlah sebesar itu. Untuk itu, saya berharap kepada anak-anakku sekalian, pergunakan dana beasiswa ini sebaik mungkin untuk biaya kuliahmu, bukan untuk gaya-gayaan," pesan Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Mahasiswa yang menerima Beasiswa ini juga harus Memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, diantaranya berhasil masuk kuliah di PTN, berprestasi, serta dari keluarga yang ekonominya kurang mampu, serta tidak Anak dari orangtua yang kerjanya sebagai PNS.

Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani pada kesempatan ini menyampaikan

"Selamat kepada adik-adik yang telah mendapatkan beasiswa ini, belajarlah dengan sungguh-sungguh. Saya akan terus berbuat untuk masa depan anak-anak Tapanuli Tengah karena saya sadar masa depan anak-anak Tapanuli Tengah menjadi tanggung jawab saya sebagai Bupati.

Pada kesempatan itu juga Bupati memotivasi seluruh Mahasiswa penerima beasiswa itu.

“Saya minta kepada Adik-adik sekalian, jangan merasa malu ataupun gengsi dalam hidup ini. Bergayalah sesuai dengan keadaan  dan jangan mau terpancing untuk melakukan hal yang tidak baik karena pergaulan. Saya ingin memotivasi Adik-adik sekalian, bahwa saya dan Wakil Bupati bukanlah seorang Sarjana, tapi kami ingin masyarakat Tapanuli Tengah banyak yang Sarjana. Saya ingin melihat Adik-adik nanti kalian akan menjadi Sarjana dan kalian bertekad harus lebih baik dari kami sekarang ini. Saya sampaikan juga bahwa kesuksesan seseorang itu bukan ditentukan oleh kekayaan. Kalau Adik-adik nanti telah menjadi Sarjana, mari bersama-sama membangun Kabupaten Tapanuli Tengah menjadi lebih baik lagi,” pesan Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani kepada 105 orang mahasiswa, warga Tapanuli Tengah yang menerima beasiswa kuliah di PTN.

Di akhir pertemuan itu, Bupati kembali menegaskan, agar dana beasiswa yang diberikan Pemkab Tapanuli Tengah jangan sampai disalahgunakan.

"Adik-adik, tolong jangan kalian permalukan saya. Saya menghadapi tantangan dan ocehan memperjuangkan beasiswa ini untuk kalian. Untuk itulah kalian saya undang hari ini untuk tatap muka langsung dengan saya, sekaligus menandatangani pakta integritas terkait aturan beasiswa ini. Sekali lagi saya menaruh harapan besar kepada kalian untuk menjadi sarjana-sarjana yang hebat, meskipun saya bukan seorang sarjana," pesan Bupati Tapanuli Tengah mengakhiri.

Ada pun pakta integritas dalam penggunaan beasiswa ini diantaranya, dana beasiswa langsung masuk ke rekening masing-masing mahasiswa tanpa potongan. Tidak boleh merokok atau berperilaku tidak baik, tidak boleh terlibat/menggunakan narkoba. Jika melanggar ketentuan tersebut maka beasiswa akan dihentikan. Beasiswa ini diberikan sampai tamat S1 dengan tenggang waktu 4-5 tahun.

Salah satu perwakilan Mahasiswa yang menerima Program Beasiswa, Afriani Nazara, warga Lingkungan III Albion yang menempuh perkuliahan di Universitas Riau menyampaikan terima kasihnya kepada Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Bupati Tapanuli Tengah Darwin Sitompul.

"Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Bupati Tapanuli Tengah, Bapak Wakil Bupati Tapanuli Tengah, dan kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah yang telah memberikan Beasiswa kepada kami, Mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi, sehingga kami dapat mewujudkan keinginan kami berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri. Kami berharap agar Program Beasiswa yang digagas oleh Bapak Bupati ini terus dilanjutkan karena masih banyak Adik-adik kami, masyarakat Tapanuli Tengah yang menginginkan untuk kuliah di Perguruan Tinggi Negeri dan ingin sukses tapi ekonominya kurang mampu. Kami juga siap untuk mengabdikan diri kami untuk Kabupaten Tapanuli Tengah dan kami siap melaksanakan kewajiban kami,” kata Afriani Nazara.

Turut hadir pada acara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Tengah dan jajaran.

 

 



Artikel Lainnya
Beri Komentar

RSUD Pandan
 
Kabupaten Tapteng

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan kirim e-mail (humas@tapteng.go.id), melalui layanan pengaduan ini.

Terima kasih

 
Copyright 2014-2016 tapteng.go.id All Rights Reserved