Selamat datang di tapteng.go.id - Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah - Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan silahkan kirim e-mail ( humas@tapteng.go.id ) melalui layanan pengaduan ini.

Lambang Negara RI

Link Terkait
Pengunjung

Artikel

Pemkab Tapteng Laksanakan Musrenbangda Tingkat Kecamatan Tahun 2018 di Barus, Barus Utara, Andam Dewi, Sirandorung, Dan Manduamas
Tanggal Posting : Rabu, 14 February 2018 | 23:44 WIB
Pengirim : KOMINFO - Dibaca : 111 Kali

 

Pemkab Tapteng Laksanakan Musrenbangda Tingkat

Kecamatan Tahun 2018 di Barus, Barus Utara, Andam Dewi,

Sirandorung, Dan Manduamas

 

 

Barus dan sekitarnya.

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbangda) tingkat kecamatan di 5 kecamatan meliputi Kecamatan Barus, Barus Utara, Andam Dewi, Sirandorung, dan Manduamas, Selasa (13/02/2018).

Musrenbang tingkat kecamatan itu dilaksanakan di Aula Kantor Camat, masing-masing kecamatan yang dibuka secara resmi oleh Camat didampingi oleh Forkopimka dan Bappeda Kab. Tapteng. Hadir pada acara itu, seluruh Kepala Desa dan Lurah di masing-masing kecamatan, Pimpinan OPD dan yang mewakili di lingkungan Pemkab Tapteng, Kepala Puskesmas, KUPT Pendidikan, LPM Kecamatan dan Desa/Kelurahan, Tokoh Masyarakat, dan pemangku kepentingan terkait lainnya.

Musrenbangda Kecamatan Barus dibuka oleh Camat Barus Usman Edy, SP didampingi Forkopimka Barus dan Kabid PPEPD Ferdinand Sianipar, SE, ME mewakili Kepala Bappeda Kab. Tapteng Basyri Nasution, SP.

Camat Barus menyampaikan bahwa prioritas pembangunan yang diusulkan pada Musrenbang Kecamatan Barus Tahun 2018 ini sebagai tindak lanjut Musrenbangda tingkat desa dan kelurahan yang telah dilaksanakan pada Januari 2018 yang lalu. Usulan prioritas dari seluruh desa/kelurahan beserta data dukung hasil paduserasi dan klarifikasi ini dimasukkan ke aplikasi e-Planning.

Hal yang sama disampaikan oleh Camat Manduamas Apriandi Tanjung, S.Pd, Camat Sirandorung Tunggul Silalahi, Camat Andam Dewi Demsi Limbong, S.Pd, dan Camat Barus Utara Romauli Sarumpaet saat memberi sambutan membuka Musrenbangda Tingkat Kecamatan Tahun 2018 di kecamatannya masing-masing. Melalui pelaksanaan Musrenbangda berbasis e-Planning ini maka tahapan perencanaan yang dilaksanakan mulai tingkat desa/kelurahan dan kecamatan hingga kabupaten akan semakin efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

Kabid PPEPD Bappeda Kab. Tapteng menyampaikan bahwa Musrenbang Tingkat kecamatan di Kecamatan Barus ini dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi e-Planning. Semua usulan desa dan kelurahan yang disampaikan diberi peringkat atau scoring. Fungsi peringkat/score pada usulan-usulan yang disampaikan itu untuk melihat usulan mana yang menjadi prioritas di tiap desa/kelurahan yang ada di kecamatan.

Hal senada disampaikan oleh Kabid Fisda Bappeda Kab. Tapteng Uswatan Niswati, ST di Kecamatan Andam Dewi, Kabid Litbang Awaluddin Napitupulu, ST di Kecamatan Manduamas, Kasubbid Antonius, ST di Kecamatan Sirandorung, dan Kasubbid M. Idris Siregar, ST dan Hendrolis Purba, SE di Kecamatan Barus Utara.

Pada Musrenbangda tingkat kecamatan itu, yang mewakili dari Bappeda Kab. Tapteng menyampaikan bahwa beberapa indikator dalam melakukan scoring untuk usulan dengan melihat sisi keterdesakan usulan, pengaruh atau efek usulan terhadap masyarakat, banyaknya masyarakat yang menerima dampak atas usulan itu, dan kelengkapan data pendukung visual untuk usulan tersebut.

Pada Musrenbangda tingkat Kecamatan yang dilaksanakan di 5 (lima) kecamatan itu, para kepala desa dan lurah menyampaikan usulan prioritas dan adanya berbagai diskusi dengan pihak kecamatan, OPD yang berhadir pada acara tersebut, tokoh masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya.

Usulan pembangunan tahun 2019 yang disampaikan meliputi bidang fisik, ekonomi dan sosial budaya. Diakhir pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan Tahun 2018 di Kecamatan Barus, Barus Utara, Andam Dewi, Sirandorung, dan Manduamas dilakukan penandatanganan Berita Acara dan memasukkan usulan hasil paduserasi, sinkronisasi dan klarifikasi melalui aplikasi e-Planning dipandu oleh admin operator dari masing-masing kecamatan dan Bappeda Kab. Tapteng.

Seluruh pelaksanaan Musrenbangda Tingkat Kecamatan itu yang berbasis online menggunakan e-Planning dimonitor oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kab. Tapteng berkoordinasi dengan Bappeda Kab. Tapteng sehubungan dengan server aplikasi e-Planning ada di Datacenter Dinas Kominfo Kab. Tapteng, yang terhubung online sebagai sub domain.

 

 

Foto : Camat Barus buka Musrenbangda Kecamatan Barus Tahun 2018.

Foto : Camat Barus buka Musrenbangda Kecamatan Barus Tahun 2018.

 

Foto : Camat Barus Utara buka Musrenbangda Kecamatan Barus Utara Tahun 2018.

Foto : Camat Barus Utara buka Musrenbangda Kecamatan Barus Utara Tahun 2018.

 

Foto : Camat Andam Dewi buka Musrenbangda Kecamatan Andam Dewi Tahun 2018.

 

Foto : Camat Andam Dewi buka Musrenbangda Kecamatan Andam Dewi Tahun 2018.

 

Foto : Camat Sirandorung buka Musrenbangda Kecamatan Sirandorung Tahun 2018.

 

Foto : Camat Sirandorung buka Musrenbangda Kecamatan Sirandorung Tahun 2018.

 

Foto : Camat Manduamas buka Musrenbangda Kecamatan Manduamas Tahun 2018.

 

Foto : Camat Manduamas buka Musrenbangda Kecamatan Manduamas Tahun 2018.

 


 

 


Artikel Lainnya
Beri Komentar

RSUD Pandan
 
Kabupaten Tapteng

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan kirim e-mail (humas@tapteng.go.id), melalui layanan pengaduan ini.

Terima kasih

 
Copyright 2014-2016 tapteng.go.id All Rights Reserved