Selamat datang di tapteng.go.id - Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah - Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan silahkan kirim e-mail ( humas@tapteng.go.id ) melalui layanan pengaduan ini.

UPDATE COVID-19

Link Terkait
Pengunjung

Artikel

Yayasan Ekosistem Lestari Konsolidasi Dengan Pemkab Tapteng, Paparkan Program/Kegiatannya di Kawasan Hutan Batangtoru
Tanggal Posting : Kamis, 1 October 2020 | 20:28 WIB
Pengirim : KOMINFO - Dibaca : 175 Kali

Yayasan Ekosistem Lestari Konsolidasi Dengan Pemkab Tapteng, Paparkan Program/Kegiatannya di Kawasan Hutan Batangtoru
PANDAN | Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) melaksanakan Konsolidasi dengan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah (Bappeda Tapteng) dan OPD terkait di Ruang Rapat Bappeda Tapteng, Rabu (30/09/2020).
Kegiatan ini digelar menindaklanjuti Surat Direktur Konservasi YEL nomor 013/SOCP-YEL/PD/IX/2020 tanggal 24 September 2020 dimana YEL memaparkan program dan kegiatan yang dilaksanakan di Kawasan Hutan Tapanuli, Ekosistem Batang Toru.
Kepala Bappeda Tapteng Basyri Nasution, SP didampingi Sekretaris, Budi Basa Siregar, SP, ME dan Manejer Conservasi In- Situ Yel, Julius Paolo Siregar membuka secara resmi Konsolidasi YEL dengan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah.
Mengawali sambutannya, Kepala Bappeda Tapteng Basyri Nasution, SP menyampaikan, “Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah menyambut baik atas inisiasi pihak Yayasan Ekosistem Lestari yang akan berkonsolidasi dengan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah. Kita ketahui bersama Yayasan Ekosistem Lestari ini bekerja di bidang pelestarian satwa dan sumber daya alam hayati (fauna) yang berada di Hutan Tapanuli. Kita juga ketahui bahwa jenis spesies baru Orang Utan (Pongo Tapanuliensis) yang terbaru ada di Kawasan Hutan Batang Toru yang berbatasan dengan Kabupaten Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, dan Tapanuli Utara,” kata Kepala Bappeda Tapteng Basyri Nasution, SP.
“Kawasan Hutan Batangtoru kaya dengan satwa dan fauna langka. Satwa langka seperti Orang Utan, Harimau Sumatera, Tapir, dan lainnya yang harus dijaga kelestariannya. Berbagai fauna langka juga banyak di Kawasan Hutan Batangtoru, bahkan menurut YEL jumlahnya sangat terbatas yang ada di dunia ini. Kami sangat berterima kasih kepada Yayasan Ekosistem Lestari yang masih tetap antusias menjaga kelestarian Kawasan Hutan Batangtoru,” lanjut Kepala Bappeda Tapteng Basyri Nasution, SP.
Selanjutnya, Manejer Conservasi In-Situ Yel Julius Paolo Siregar meyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk konsolidasi dan mensosialisasikan program dan kegiatan YEL di Tapteng.
“Selama ini, kita sudah bekerja di Kawasan Hutan Batangtoru sejak tahun 2006. Hubungan kita dengan Tapanuli Tengah ini sudah cukup lama. Kami melakukan evaluasi dalam melakukan pelestarian atau melakukan konservasi terhadap satwa langka khususnya Orang Utan Tapanuli dan habitatnya di kawasan Hutan Tapanuli, yaitu Hutan Batang Toru. Hal ini tidak bisa dilakukan dengan sepihak YEL namun harus bekerja sama dengan Pemerintah sehingga Pemerintah dapat mendukung kegiatan itu agar pelestarian hutan Tapanuli, khususnya satwa langka Orang Utan Tapanuli lebih efektif,” tutur Manejer Conservasi In-Situ Yel Julius Paolo.
Julius Paolo memaparkan program dan kegiatan yang dilakukan oleh YEL di kawasan Hutan Batangtoru, khususnya yang berada di wilayah Tapteng, dilanjutkan dengan diskusi bersama OPD teknis terkait.
Turut hadir pada kegiatan konsolidasi YEL ini yaitu, UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah XI - Pandan, Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup Tapteng, mewakili OPD teknis lainnya meliputi Dinas Parawisata Tapteng, Dinas Pertanian Tapteng, Dinas Kominfo Tapteng, Dinas Pendidikan Tapteng, Dinas PU PR Tapteng, dan jajaran Bappeda Tapteng, serta pihak YEL.


Artikel Lainnya
Beri Komentar

RSUD Pandan
 
Kabupaten Tapteng

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan kirim e-mail (humas@tapteng.go.id), melalui layanan pengaduan ini.

Terima kasih

 
Copyright 2014-2016 tapteng.go.id All Rights Reserved