Selamat datang di tapteng.go.id - Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah - Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan silahkan kirim e-mail ( humas@tapteng.go.id ) melalui layanan pengaduan ini.

Lambang Negara RI

Link Terkait
Pengunjung

Artikel

Semarak Malam Seni dan Budaya Kab. Tapanuli Tengah “Harmoni Sejuta Pesona Tapteng”
Tanggal Posting : Minggu, 2 April 2017 | 16:03 WIB
Pengirim : KOMINFO - Dibaca : 443 Kali

Semarak Malam Seni dan Budaya Kab. Tapanuli Tengah

“Harmoni Sejuta Pesona Tapteng”

 

 

Medan,

Kabupaten Tapanuli Tengah (Kab. Tapteng) pada hari ke 15 Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Ke-46 Tahun 2017 menjadi Tuan Rumah Pagelaran Seni dan Budaya Sumatera Utara mengangkat tema “Harmoni Sejuta Pesona Tapteng” yang diadakan di Panggung Utama PRSU di Tapian Daya Medan, Sabtu (01/04/2017).

Kegiatan ini diawali dengan Pegelaran Seni dan Budaya Tapteng Opening Tune dan Pagelaran Seni Pesisir Harmoni Sejuta Pesona Tapteng.

Pj. Bupati Tapanuli Tengah (Drs. Bukit Tambunan, M.AP) dalam sambutannya menyampaikan bahwa hari ini sangat Istimewa karena Pagelaran Seni dan Budaya Tapteng  dihadiri oleh sesepuh perantau Tapteng dan Sibolga sebagai pelepas rindu (palape taragak) untuk menyaksikan Pentas Seni dan Budaya dari kampung halaman Tapteng termasuk masyarakat Tapteng dan Sibolga yang ada di Medan dan hadir pada acara ini.

“Untuk itu, kepada  sesepuh masyarakat perantau Tapteng yang ada di Medan sekitarnya mari bersama sama membangun Kampung Halaman Tapteng Negeri Sahata Saoloan dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika,” kata Pj. Bupati Tapanuli Tengah.

Berbagai Agenda dilakukan untuk mendukung Pariwisata Tapteng, diantaranya melaksanakan even Pagelaran Seni Budaya dalam Rangka Hari Jadi Tapteng Ke 71 Tahun 2016, melaksanakan Even Pesta Horas Tapteng pertama tahun 2016 yang lalu dan pada tahun ini akan melaksanakan pesta Pesisir yaitu Pesta Oi Dusanak.

Setelah Kunjungan PresidenRepublik Indonesia(Ir. H. Joko Widodo) ke Kab. Tapteng pada tanggal (24/03/2017) yang lalu dan sebelumnya pada bulan Agustus 2016 yang lewat kemajuan Pariwisata Tapteng terbuka lebar. Untuk mendukung pariwisata, pada kunjungan yang kedua Presiden Republik Indonesia menginstruksikan kepada Menteri PU PR agar mempercepat pengerjaaan Jalan Nasional Sarudik-batas Tapanuli Selatan dan harus diselesaikan tahun 2017 ini, juga mengingatkan agar perpanjangan Ddam pelebaran landasan pacu (runway) Bandara Dr. FL Tobing serta infrastruktur bandara tersebut harus dilakukan pembangunannya, juga dilanjutkannya pembangunan pendukung Pelabuhan Barus.

Kemajuan Pariwisata Tapteng harus dibangkitkan melalui pengembangan sektor pariwisata. Potensi pariwisata adalah salah satu kekayaan utama Tapteng yang mesti segera dipoles dan memiliki keberagaman budaya sebagai bagian Budaya Nasional.

Selain kekayaan objek wisata bahari dan alamnya, Tapteng menyimpan banyak peninggalan sejarah, yang memiliki nilai jual lebih untuk dikembangkan sebagai salah satu pendongkrak ekonomi masyarakat dan PAD Kab. Tapteng.

"Ternyata Tapteng itu tidak hanya memiliki pariwisata pantai dan laut yang indah, ada peninggalan sejarah seperti Makam Papan Tinggi dan Makam Mahligai sebagai situs sejarah awal mula masuknya agama Islam ke Nusantara yang telah dikunjungi oleh Presiden Republik Indonesia(Ir. H. Joko Widodo) bersama Ibu Negara (Hj. Iriana Joko Widodo) pada hari Jumat 24 Maret yang lalu. Tidak hanya itu saja, ternyata di sana juga ada situs Sumur Nomensen. Dengan adanya beberapa Situs bersejarah di Barus yang sangat potensial, ini yang harus kita jual, serta didukung sejarah Pelabuhan dan Kapur Barus yang mendunia sejak zaman dahulu kala,” kata Pj. Bupati Tapteng.

Plt. Ketua DPRD Kab. Tapteng (Dharma Bakti Marbun) didampingi Wakil Ketua dan anggota DPRD Tapteng yang hadir pada pagelaran seni dan budaya Tapteng, mengatakan bahwa budaya Tapteng memiliki khas tersendiri. Untuk melestarikan kebudayaan tersebut tentu harus menggali budaya Tapteng yang hampir punah untuk dilestarikan hingga anak cucu kita, melakukan pembinaan sanggar seni sehingga seni dan budaya sebagai kekayaan Tapteng menjadi pendukung pariwisata. DPRD Kab. Tapteng senantiasa mendukung Program Pengembangan Kepariwisataan Kab. Tapteng.

Sebelumnya, Kadis Pariwisata Kab. Tapteng (Sapwan Pohan, SE) dalam laporannya mengatakan bahwa Pagelaran Seni dan Budaya Tapteng dengan tema “Harmoni Sejuta Pesona” dengan inti cerita mengedepankan persatuan dan kesatuan, kebersamaan dan kekeluargaan, perbedaan pendapat menjadi kekuatan membangun. Pagelaran Budaya Tapteng, lagu-lagu khas Tapteng, Pementasan Fragmen, Pegelaran Seni dan Budaya Tapteng Opening Tune, dan Pagelaran Seni Pesisir didukung oleh Duta Wisata Tapteng, SMA Matauli Pandan, Kamista, Putry Mei Suryani Pasaribu, Deta Voice, D'wasara Musik, Sound dan Lighting Citra-Swara Pesona, Penyusun Naskah Darman DS & Riel,Sutradara Khairil El Fauzi, dengan Penanggung Jawab Dinas Pariwisata Kab. Tapteng.

Selama acara Pagelaran Malam Seni dan Budaya Kab. Tapteng itu berlangsung meriah dengan banyaknya pengunjung yang menyemarakkan pagelaran tersebut.

 

Foto : Pagelaran Seni Budaya Tapteng “Opening Tune”

 

Foto : Pagelaran Seni Budaya Tapteng “Opening Tune”

 

Foto : Laporan Kadis Pariwisata Kab. Tapteng

 

Foto : Laporan Kadis Pariwisata Kab. Tapteng

 

Foto : Sambutan Plt. Ketua DPRD Kab. Tapteng

Foto : Sambutan Plt. Ketua DPRD Kab. Tapteng

 

Foto : Sambutan Pj. Bupati Tapanuli Tengah

 

Foto : Sambutan Pj. Bupati Tapanuli Tengah

 

Foto : Semarak Pagelaran Seni dan Budaya Tapteng

 

Foto : Semarak Pagelaran Seni dan Budaya Tapteng


Artikel Lainnya
Beri Komentar

RSUD Pandan
 
Kabupaten Tapteng

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan kirim e-mail (humas@tapteng.go.id), melalui layanan pengaduan ini.

Terima kasih

 
Copyright 2014-2016 tapteng.go.id All Rights Reserved