Selamat datang di tapteng.go.id - Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah - Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan silahkan kirim e-mail ( humas@tapteng.go.id ) melalui layanan pengaduan ini.

UPDATE COVID-19

Link Terkait
Pengunjung

Artikel

Pj Bupati Tapteng Bersama Tim BRIN Di Situs Bongal Untuk Pemindahan Situs Purbakala Batu Ganesa
Tanggal Posting : Sabtu, 31 December 2022 | 22:29 WIB
Pengirim : KOMINFO - Dibaca : 194 Kali

Pj Bupati Tapteng Bersama Tim BRIN Di Situs Bongal Untuk Pemindahan Situs Purbakala Batu Ganesa

 

TAPTENG - Sebagai upaya untuk menyelamatkan Situs Purbakala, yang merupakan bukti sejarah yang dulunya ada di Situs Bongal, Pj Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Dr. Elfin Elyas, M.Si, CRGP, CGCAE, CFrA bersama Ketua TP PKK Kabupaten Tapteng, Ny. Dr. Chaterine Elfin Elyas dan Tim Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) hadir dalam pemindahan Arca Batu Ganesa yang dilaksanakan di Bongal, Desa Jago jago Kecamatan Badiri, Kabupaten Tapteng, Sabtu (31/12/2022).

 

Arca batu Ganesa ini ditemukan oleh Tim Badan Arkeologi Medan pada tahun 2001. Dan menurut penelitian yang dilakukan oleh Ahli Arkeologi dari Relief yang ada pada Batu Ganesa ini diperkirakan berasal dari abad 9 Masehi.

 

Pj Bupati Tapteng, Dr. Elfin Elyas, M.Si, CRGP, CGCAE, CFrA yang turut hadir bersama Tim Arkeologi dalam pemindahan Batu Ganesa ini menyampaikan,

 

"Kami Selaku Pemerintah Daerah beserta dengan jajaran selalu berupaya untuk menjaga situs purbakala sebagai warisan budaya. Dalam pemindahan situs ini, kami mempejalari dulu keadaannya karena memang sesuai dengan perundang-undangan boleh dipindahkan agar tidak semakin hilang relif-relifnya, jangan sampai hilang satu persatu," kata Pj Bupati.

 

"Disini kita membuat replika Arca Ganesa dan kalau ingin melihat aslinya nanti bisa di Museum Abad Satu Hijriah Galeri Situs Bongal di Desa Jago Jago. Hari ini kita menggagas pusat Edukasi dan kami berharap siapapun Pemerintahnya nanti, semoga bisa membangun tangga menuju Arca Ganesa ini agar masyarakat bisa datang melihat tempat ditemukannya Arca Ganesa ini dan kita promosikan sebagai tempat wisata sejarah, semoga Tuhan memberkati rencana baik kita," terang Pj Bupati Tapteng, Dr. Elfin Elyas, M.Si, CRGP, CGCAE, CFrA.

 

Pada kesempatan itu, Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr Ery Soedewo, M.Hum meyampaikan,

"Kita melakukan penyelamatan atas perjalanan sejarah kawasan Tapanuli Tengah, kebetulan yang ditemukannya di Situs Bongal, Desa Jago Jago, Kecamatan Badiri. Ini menjadi bukti perjalanan sejarah di kawasan Tapanuli Tengah, khususnya yang sudah berjalan sangat lama antara lain dengan ditemukannya Arca Ganesa. Arca Ganesa ini sudah ditemukan tahun 2001 oleh tim  Badan Arkeologi Medan. Menurut survei yang dilakukan berdasarkan bentuk arcanya secara relatif arca ini berasal dari abad 9 Masehi, artinya tahun 800 Masehi," ungkapnya.

 

Belakangan setelah dilakukan penelitian yang lebih lanjut di wilayah sekitar, ditemukan daftar arkeologis yang makin menguatkan bahwa kawasan Bongal Desa Jago Jago ini sudah aktif sejak setidaknya abad ke 7 Masehi, tahun 600 artinya ini harus dijaga kelestariannya baik alamnya maupun potensi budayanya," ujarnya.

Dikesempatan ini juga, Pj Bupati Tapteng menandatangani Monumen Penemuan Arca Batu Ganesa, serta menyerahkan piagam penghargaan atas hibah fragmen Arca Ganesa kepada pemilik lahan.

Turut hadir, yaitu Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Tapteng, Drs Herman Suwito, MM, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tapteng, Boy Rahman Hasibuan, SIP, MAP, Camat Badiri, Kepala Desa Jago Jago, dan Tim BRIN.

 

 

 

 


Artikel Lainnya
Beri Komentar

RSUD Pandan
 
Kabupaten Tapteng

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan kirim e-mail (humas@tapteng.go.id), melalui layanan pengaduan ini.

Terima kasih

 
Copyright 2014-2021 tapteng.go.id All Rights Reserved