Selamat datang di tapteng.go.id - Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah - Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan silahkan kirim e-mail ( humas@tapteng.go.id ) melalui layanan pengaduan ini.

Lambang Negara RI

Link Terkait
Pengunjung

Artikel

Wagubsu Buka Pra Musrenbang Provsu 2018 dan Minta Tingkatkan Koordinasi dan Sinergitas
Tanggal Posting : Rabu, 11 April 2018 | 20:20 WIB
Pengirim : KOMINFO - Dibaca : 142 Kali

 

Wagubsu Buka Pra Musrenbang Provsu 2018 dan Minta Tingkatkan

Koordinasi dan Sinergitas

 

 

 

Medan.

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Dr. Hj. Nurhajizah Marpaung SH MH membuka secara resmi Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (Pra Musrenbang RKPD) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Tahun 2018 di Hotel Santika Premiere Dyandra Medan, Selasa (10/04/2018).

Dalam sambutannya, Wagubsu meminta pemerintah kabupaten/kota (pemkab/pemko) se Sumatera Utara (Sumut) untuk dapat meningkatkan koordinasi, integrasi, sinergitas, dan sinkronisasi dalam melaksanakan program/kegiatan prioritas dalam rangka percepatan pembangunan di Sumut.

Musrenbang Provsu Tahun 2018 ini diadakan untuk menyusun rancangan RKPD Tahun 2019. Musrenbang tersebut sebagai sarana untuk menghimpun berbagai aspirasi pemangku kepentingan (stakeholders) terhadap berbagai prioritas pembangunan sebagai masukan dan saran untuk penyusunan rancangan RKPD Provsu Tahun 2019.

“Pendekatan penyusunan RKP Tahun 2019 dilakukan dengan perkuatan pelaksanaan kebijakan money follow program priority, yang artinya afar anggaran dipergunakan benar-benar terarah untuk mencapai sasaran program pembangunan suatu daerah. Untuk itu, diperlukan sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah dalam perencanaannya,” kata Wagubsu.

Musrenbang RKPD ini bertema Percepatan Pembangunan untuk Mendorong Penciptaan Ekonomi yang tangguh dalam rangka Mewujudkan Sumatera Utara yang Mandiri, makmur, dan Berkeadilan. Ada lima prioritas Provsu, yaitu pertama pengurangan kesenjangan antar wilayah melalui peningkatan pembangunan infrastruktur, penguatan konektifitas dan kemaritiman. Prioritas kedua, pertumbuhan ekonomi inklusif berkelanjutan melalui pengembangan pertanian, industri pengolahan, pariwisata, jasa dan perdagangan. Prioritas ketiga, peningkatan pembangunan sumber daya manusia dan pengurangan kemiskinan melalui pemenuhan pelayanan dasar masyarakat. Prioritas keempat, peningkatan ketahanan pangan, energi, sumber daya air, dan mitigasi bencana. Prioritas kelima, peningkatan reformasi birokrasi, tata kelola pemerintahan, penegakan hukum, dan pencegahan korupsi.

Selanjutnya, Wagubsu menyampaikan melalui lima prioritas itu, ditetapkan target sasaran makro pembangunan yang ingin dicapai di tahun 2019 sebesar 5,11-5,50% dengan penurunan angka pengangguran terbuka menjadi 5,18%, penurunan angka kemiskinan menjadi 8,5-9,0% melalui laju inflasi yang diharapkan stabil pada seputar 3,5-1% dan IPM meningkat menjadi 71-72 serta koefisien gini menjadi angka 3.

Wagubsu menjelaskan kedudukaan strategis RKPD Provsu Tahun 2019 dalam konteks pembangunan Sumut tahun depan untuk menyusun APBD Provsu Tahun 2019, sebagai tahun pertama dalam periode Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Provsu Tahun 2019-2023.

“Saya berharap, melalui pelaksanaan Pra Musrenbang tahun ini, kita dapat merumuskan berbagai program/kegiatan pembangunan untuk dialokasikan pada tahun 2019 sesuai prioritas dan kewenangannya,” ungkap Wagubsu.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Provsu diwakilkan Sekretaris, yang juga sebagai Ketua Panitia  Musrenbang Provsu 2019 melaporkan tujuan dilaksanakannya Pra Musrenbang Provsu Tahun 2018 ini untuk sinkronisasi rencana pembangunan antara pemprovsu dengan pemkab dan pemko, serta sebagai penyelarasan program/kegiatan, target dan lokasi antara provinsi dengan kabupaten/kota sesuai bidang pemerintahannya.

Musrenbang Provsu Tahun 2018 ini turut dihadiri Ketua Komisi dan Anggota DPRD Provsu, para Staf Ahli Gubsu dan Asisten, Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu), Kepala Bappeda dan OPD kabupaten/kota se Sumut, Kepala Instansi vertikal di Sumut, panitia penyelenggara dari Bappeda Provsu, dan para undangan pemangku kepentingan lainnya.

Adapun peserta dari Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) meliputi Plt. Kepala Bappeda Kab. Tapteng Drs. Antonius Simanjuntak beserta jajarannya, Pimpinan OPD lainnya di lingkungan Pemkab Tapteng meliputi 19 OPD.

Setelah Wagubsu membuka Pra Musrenbang Provsu Tahun 2018, dilanjutkan dengan Multilateral Desk Musrenbang Provsu, yang berlangsung sejak Selasa (10/04/2018) hingga Rabu (11/04/2018) berdasarkan bidang urusan prioritas pada tema Musrenbang RKPD tersebut.

Selanjutnya, akan dilaksanakan Musrenbang Provsu Tahun 2018 di tempat yang sama pada Kamis (12/04/2018). (Kominfo Provsu & Kab. Tapteng).

 

 

Foto : Wagubsu buka secara resmi Pra Musrenbang Provsu Tahun 2018 (foto: Diskominfo Provsu).

Foto : Wagubsu buka secara resmi Pra Musrenbang Provsu Tahun 2018

(foto: Diskominfo Provsu).

 

 

Foto : Plt. Kadis Kominfo Kab. Tapteng saat mengikuti Multilateral Desk  Musrenbang Provsu 2018

Foto : Plt. Kadis Kominfo Kab. Tapteng saat mengikuti Multilateral Desk

Musrenbang Provsu 2018

 


Artikel Lainnya
Beri Komentar

RSUD Pandan
 
Kabupaten Tapteng

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan kirim e-mail (humas@tapteng.go.id), melalui layanan pengaduan ini.

Terima kasih

 
Copyright 2014-2016 tapteng.go.id All Rights Reserved