Selamat datang di tapteng.go.id - Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah - Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan silahkan kirim e-mail ( humas@tapteng.go.id ) melalui layanan pengaduan ini.

Lambang Negara RI

Link Terkait
Pengunjung

Artikel

Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke 72 Tahun 2017 Kabupaten Tapanuli Tengah
Tanggal Posting : Jumat, 10 November 2017 | 17:16 WIB
Pengirim : KOMINFO - Dibaca : 51 Kali

Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke 72 Tahun 2017

Kabupaten Tapanuli Tengah

 

 

Pandan.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-72 Tahun 2017 Kabupaten Tapanuli Tengah (Kab. Tapteng) dilaksanakan di Lapangan Bola Kaki Pandan, Jumat (10/11/2017). Kapolres Tapteng (AKBP Hari Setyo Budi) bertindak sebagai Inspektur Upacara dan sebagai Komandan Upacara Kapten Inf Amser Sirait. Pada kesempatan itu, Inspektur Upacara Kapolres Tapteng menyampaikan bahwa Bupati Tapteng (Bakhtiar Ahmad Sibarani) sedang menjalankan tugas pemerintahan.

Upacara dimulai dengan pengibaran Bendera Merah Putih, dilanjutkan Hening Cipta,  Pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan pembacaan pesan-pesan Pahlawan/Kata-kata Mutiara para Pahlawan Nasional. Kemudian, Inspektur Upacara menyampaikan amanat dengan membaca Amanat Menteri Sosial Republik Indonesia pada Peringatan Hari Pahlawan 10 november 2017.

Dalam amanatnya disampaikan bahwa setiap tanggal 10 November, kita seluruh Bangsa lndonesia memperingatl Hari Pahlawan, mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia, mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain, bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Para Pendiri bangsa mengabarkan pesan penting kepada kita. Pesan itu adalahbahwa setelahkemerdekaandiraih,makatahapanselanjutnya, kitaharus bersatu terlebih dahulu untuk bisamemasukitahapanbernegara, selanjutnyayakni berdaulat, adil dan makmur. Oleh karena pesan fundamental itulah maka peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun 2017 ini kita mengambil tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”.Apabila kita mampu bersatu sebagai satu bangsa maka kita dapat maju bersama-sama dan mendistribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Dalam amanat yang dibacakan oleh Inspektur Upacara, Kapolres Tapteng (AKBP Hari Setyo Budi) disampaikan Bung Karno pernah menegaskan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia. Dalam setiap rangkaian perjuangan kepahlawanan yang membentuk kelndonesiaan kita, kita dapat mengambil pelajaran dari apinya perjuangan para pendahulu kita, api yang menjadi suasana kebatinan dan pelajaran moral bagi kita semua yakni, api yang membentuk terbangunnya Persatuan Indonesia yang terdiri atas dua hal, yakni adanya harapan dan pengorbanan! Harapan dan pengorbanan itulah yang membentuk persatuan dan melahirkan Indonesia, merawat eksistensinya dalam panggung sejarah bangsa-bangsa, dan harus terus dinyalakan agar Republik Indonesia tetap berdiri tegak, menjadi besar dan terus memberi sumbangan penting sebagai bagian dari persaudaraan umat manusia di dunia.

Berbagai sejarah kepahlawanan, mengisahkan tentang menyala-nyatanya api "Harapan" yang menjadi pemantik dari berbagai tindakan-tindakan heroik yang mengagumkan. Begitu pula Republik Indonesia tercinta ini ketika diproklamirkan, dengan keberanian, tekad, pemikiran orisinil tentang kehidupan bernegara yang tertuang dalam Pancasila dan UUD 1945 dan pengorbanan yang besar, maka berkat rahmatAllah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas maka rakyat Indonesia menyatakan kemerdekaaannya.

Pada akhir amanatnya, disampaikan bahwa pada era milenium kedua saat ini kita tengah menyaksikan sebuah transformasi besar dalam hubungan internasional diantara bangsa-bangsa dunia. Kita sedang menyaksikan suatu zaman yang diutarakan oleh jurnalis Gideon Rahman pada tahun 2016 tentang fajar baru pergeseran global dimana kemajuan peradaban dunia disebut sebagai era Easternization atau Timurisasi.

Dalam era kemajuan global seperti ini, negara-negara Asia dianggap sebagai kutub-kutub baru kemajuan peradaban dunia. Oleh karena itulah persatuan Indonesia bukan hanya sebuah imperatif yang harus kita rawat sebagai suatu bangsa namun lebih dari itu Persatuan Indonesia adalah suatu prasyarat bagi kita menjadi bagian dari kekuatan yang tengah tumbuh, the rising force bersama dengan bangsa-bangsa lain yang saat ini menjadi sorotan kemajuan, seperti Cina, India dan Korea untuk menjadi menara-menara baru pembawa obor kemanusiaan. Membawa cahaya baru menjadi pandu kemajuan dunia berlandaskan nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan yang sejalan dengan nilai-nilai dasar negara kita yakni Pancasila.

Pada kesempatan yang baik ini kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2017. Demikian, semoga Allah Tuhan SWT Yang Maha Esa senantiasa melindungi bangsa dan negara Indonesia. Amln. Merdeka.

Turut hadir pada upacara itu, Forkopimda Tapteng beserta Ibu, Sekretaris Daerah Kab. Tapteng, Ketua TP PKK Kab. Tapteng yang diwakili oleh Wakil Ketua I beserta jajaran PKK, Staf Ahli, Asisten, Pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Tapteng, DPRD Kab. Tapteng, Veteran, barisan TNI dan Polri, barisan ASN, Pramuka, para pelajar SD, SMP dan SMA, serta Organisasi Kepemudaan. Pembacaan pesan-pesan Pahlawan/Kata-kata Mutiara para Pahlawan Nasional disampaikan oleh siswa siswi SMAN 1 Matauli Pandan dan Paduan Suara oleh SMA Swasta St. Fransiskus Pandan.

Setelah Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-72 Tahun 2017 itu yang ditutup dengan Doa, para tamu dan peserta upacara melanjutkan acara Ziarah ke Makam Pahlawan Nasional Dr. Ferdinand Lumbantobing di Kecamatan Kolang Kab. Tapteng dengan berbagai rangkaian acara untuk menambah hikmat dan menggelorakan api dan harapan semangat Hari Pahlawan, Merdeka!

 

 

Foto : Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-72 Tahun 2017 Kab. Tapteng.

Foto : Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-72 Tahun 2017 Kab. Tapteng.

 

 

Foto : Irup Kapolres Tapteng (AKBP Hari Setyo Budi) pada Peringatan Hari Pahlawan Ke-72 Tahun 2017 Kab. Tapteng.

Foto : Irup Kapolres Tapteng (AKBP Hari Setyo Budi) pada Peringatan Hari

Pahlawan Ke-72 Tahun 2017 Kab. Tapteng.

 

Foto : Peserta upacara, barisan TNI/Polri, ASN, dan Pelajar.

 

Foto : Peserta upacara, barisan TNI/Polri, ASN, dan Pelajar.

 

Foto : Komandan Upacara Kapten Inf Amser Sirait.

 

Foto : Komandan Upacara Kapten Inf Amser Sirait.

 

Foto : Forkopimda Tapteng dan Ibu, Veteran, Sekdakab Tapteng, Wakil Ketua TP PKK Kab. Tapteng foto bersama usai upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-72 Kab. Tapteng 10 November 2017.

Foto : Forkopimda Tapteng dan Ibu, Veteran, Sekdakab Tapteng, Wakil Ketua TP PKK

Kab. Tapteng foto bersama usai upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-72

Kab. Tapteng 10 November 2017.


Artikel Lainnya
Beri Komentar

RSUD Pandan
 
Kabupaten Tapteng

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan kirim e-mail (humas@tapteng.go.id), melalui layanan pengaduan ini.

Terima kasih

 
Copyright 2014-2016 tapteng.go.id All Rights Reserved