Selamat datang di tapteng.go.id - Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah - Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan silahkan kirim e-mail ( humas@tapteng.go.id ) melalui layanan pengaduan ini.

Lambang Negara RI

Link Terkait
Pengunjung

Artikel

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dinas Perpustakaan Dan Arsip Kab. Tapteng Operasionalkan Mobil Perpustakaan Keliling
Tanggal Posting : Selasa, 15 Mei 2018 | 18:36 WIB
Pengirim : KOMINFO - Dibaca : 97 Kali

 

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dinas Perpustakaan Dan Arsip Kab. Tapteng Operasionalkan Mobil Perpustakaan Keliling

 

 

Pandan.

Satu diantara tujuan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tapanuli Tengah (Kab. Tapteng) mempermudah akses baca masyarakat melalui program/kegiatan Mobil Perpustakan Keliling (MPK). Operasional MPK diharapkan dapat mendorong peningkatan minta baca masyarakat, khususnya siswa/siswi. Hal ini disampaikan Plt Kepala Dinas dan Arsip Kab. Tapteng Drs. Niswan Tanjung melalui Kabid Perpustakan Mulyadi Malau MAP di Dinas Perpustakaan Dan Arsip kab. Tapteng, Senin (14/05/2018).

Kabid Perpustakan Mulyadi Malau MAP mengatakan pada 7 Mei 2018 telah melaksanakan operasional MPK di SMPN 1 Mandumas dan pada 8 Agustus 2018 di SMPN1 Sirandorung. Animo para siswa/siswi sangat baik untuk memanfaatkan sajian buku-buku yanga ada di MPK.

“Di SMPN 1 Manduamas, kami sampai kewalahan melanyani siswa/siswi yang minat baca mereka ternyata tinggi. Di lokasi berbeda, yaitu SMPN 1 Sirandorung juga minat baca siswa/siswi di tidak kalah. Antusias siswa/siswi disana juga tinggi, saat kami melaksanakan MPK di sekolah tersebut pada 8 Mei 2018,” kata Kabid Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kab. Tapteng.\

Dari pelayanan yang dilaksanakan di 2 (dua) SMP tersebut, kami memperbaiki pelayanan, yang tadinya para siswa/siswi dilayanani langsung dua sampai tiga Rombongan Belajar (Rombel), membuat kami kewalahan dikarenakan MPK yang dipergunakan jenis Minibus, jelas saja hampir tidak bisa dilayani. Guna memberikan pelayanan yang lebih baik, di lokasi berbeda SMPN 1 Barus Utara dan SMPN 1 Tapian Nauli di hari yang berbeda pelayanan dirubah. Para siswa/siswi dilayani bergantian hanya satu Rombel dan setelah itu bergantian dengan Rombel lainnya,” ujarnya.

Lanjutnya, kegiatan MPK ini dilakukan untuk meningkatkan budaya literasi di kalangan siswa/siswi. Hal ini sebagai langkah kami membudayakan gemar membaca. Kami gunakan Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) ini supaya semangat gemar membaca bisa mencapai seluruh lapisan masyarakat, baik anak-anak maupun dewasa.

Dengan ilmu pengetahuan, kita dapat membangun daerah ini menjadi lebih maju dan lebih baik. Hal ini tidak terlepas dari upaya meningkatkan minat baca anak-anak tentang buku-buku. Adapun tujuan penyelenggaraan MPK untuk meratakan/menjangkau layanan informasi dan bacaan kepada masyarakat sampai ke daerah terpencil yang belum/tidak memungkinkan adanya perpustakaan permanen, memperkenalkan buku-buku dan bahan pustaka lainnya kepada publik, meningkatkan minat baca dan mengembangkan cinta buku pada siswa/siswi. Salam Literasi,” ucap Kabid Perpustakaan mewakili Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kab. Tapteng.

 

 

Foto : MPK di SMPN 1 Manduamas.

 

Foto : MPK di SMPN 1 Manduamas.

 

Foto : MPK di SMPN 1 Sirandorung.

 

Foto : MPK di SMPN 1 Sirandorung.

 

Foto : MPK di SMPN 1 Barus Utara.

 

Foto : MPK di SMPN 1 Barus Utara.

 


Artikel Lainnya
Beri Komentar

RSUD Pandan
 
Kabupaten Tapteng

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan kirim e-mail (humas@tapteng.go.id), melalui layanan pengaduan ini.

Terima kasih

 
Copyright 2014-2016 tapteng.go.id All Rights Reserved