Selamat datang di tapteng.go.id - Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah - Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan silahkan kirim e-mail ( humas@tapteng.go.id ) melalui layanan pengaduan ini.

Lambang Negara RI

Link Terkait
Pengunjung

Artikel

Sosialisasi/Advokasi Tim Pembina Pengarah Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) Provsu Kerjasama dengan Dinkes Kab. Tapteng
Tanggal Posting : Sabtu, 1 December 2018 | 23:21 WIB
Pengirim : KOMINFO - Dibaca : 47 Kali

 

Sosialisasi/Advokasi Tim Pembina Pengarah Pelaksana Kesehatan

Jiwa Masyarakat (TPKJM) Provsu Kerjasama dengan

Dinkes Kab. Tapteng

 

 

PANDAN – Tim Pembina Pengarah Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) Provinsi Sumatra Utara (Provsu) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah (Dinkes Kab. Tapteng) menggelar sosialisasi/advokasi di Rumah Makan Pangeran II Nina Pandan, Kamis (29/11/2018). Acara ini dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Doa oleh M. Nainggolan, sambutan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kab. Tapteng, dan penyampaian materi sosialisasi/advokasi oleh narasumber.

Sosialisasi/Advokasi ini dibuka oleh Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kab. Tapteng Nursyam, S.KM, M.Kes diwakili Sekretaris Asdani Padang, M.Si didampingi Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Ewiya Laili, S.KM, M.Kes dan Kasi P2PTM dan Keswa Dinkes Provsu Hery Valona B. Ambarita, S.Kp, M.Kes.

Dalam sambutan Kadis Kesehatan Kab. Tapteng yang dibacakan Sekretaris Asdani Padang, M.Si disebutkan bahwa upaya pencegahan dan pengendalian masalah kesehatan jiwa dan Napza (Narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya) sudah sangat mendesak, mengingat dari data Riskesdas tahun 2013 diperoleh prevalensi gangguan jiwa berat di Provsu 0,9 per seribu dan di Indonesia 1,7 per seribu. Prevalensi gangguan mental emosional pada penduduk usia di atas 15 tahun mencapai 4,5%. Sedangkan pada tahun 2016 di Sumatera Utara (Sumut), penggunaan Napza menurut Badan Narkotika Nasional (BNN) mencapai 350 ribu orang. Di Kab. Tapteng pada 2017, data pasien gangguan jiwa yang dipasung sebanyak 20 orang, sedangkan yang dirawat jalan sebanyak 155 orang. Khusus bagi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), tanpa menutup mata dapat kita lihat sering berkeliaran di masyarakat, yang seharusnya dapat kita tangani secara manusiawi sehingga keamanan dan ketertiban masyarakat dapat tercipta.

Disebutkannya bahwa permasalahan tersebut harus ditangani secara komprehensif dengan melibatkan lintas sektor dan lintas program terkait.

“Harapan kami dengan adanya pertemuan ini dapat mengidentifikasi masalah dan pemecahan masalah kesehatan jiwa yang ada di Kab. Tapteng ini. Saya mengucapkan terima kasih atas partisipasi kita semua dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Bupati Tapteng Bapak Bakhtiar Ahmad Sibarani melalui visi dan misi Pemkab Tapteng sangat mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat Tapteng sehingga kesejahteraan masyarakat terwujud,” kata Kadis Kesehatan Kab. Tapteng dibacakan Sekretaris.

Pada kesempatan itu, Kadis Kesehatan Kab. Tapteng berharap dukungan Dinas Kesehatan Provsu pada 2019 ini dalam mengatasi persoalan kesehatan jiwa masyarakat di Tapteng. Kadis Kesehatan juga menyebutkan pentingnya segera membentuk TPKJM di Kab. Tapteng.

Adapun narasumber pada sosialisasi/advokasi itu Kasi P2PTM dan Keswa Dinkes Provsu Hery Valona B. Ambarita, S.Kp, M.Kes, Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Ewiya Laili, S.KM, M.Kes, Winrina Purba dan acara ini ditutup oleh Kabid P2PTM dan Keswa Dinas Kesehatan Provsu Dr. NG Hikmet, M.Kes.

Saya sangat senang dengan pertemuan ini. Kita lakukan sosialisasi/advokasi disini sebagai terobosan bagaimana bentuk mengatasi gangguan jiwa dimasyarakat. Ini titik awal memikirkan penanganan Kesehatan jiwa masyarakat. Semoga kita memanusiakan masyarakat yang kena gangguan jiwa yang berada di Tapteng khususnya dan Sumatera Utara serta Indonesia umumnya.

Acara sosialisasi/advokasi ini turut dihadiri mewakili Kapolres Tapteng, mewakili Kemenag Kab. Tapteng, Dinas Kesehatan Provsu, Dinas Kesehatan Kab. Tapteng, perwakilan intansi terkait di Kab. Tapteng.

 

 

..

..

.

Foto : Pelaksanaan Sosialisasi/Advokasi Tim Pembina Pengarah Pelaksana

Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) Provinsi Sumatra Utara (Provsu)

bekerjasama dengan Dinkes Kab. Tapteng.


 

 


Artikel Lainnya
Beri Komentar

RSUD Pandan
 
Kabupaten Tapteng

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan kirim e-mail (humas@tapteng.go.id), melalui layanan pengaduan ini.

Terima kasih

 
Copyright 2014-2016 tapteng.go.id All Rights Reserved