Selamat datang di tapteng.go.id - Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah - Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan silahkan kirim e-mail ( humas@tapteng.go.id ) melalui layanan pengaduan ini.

Lambang Negara RI

Link Terkait
Pengunjung

Artikel

Peringatan Nuzulul Qur’an Kab. Tapteng Tahun 2018
Tanggal Posting : Kamis, 7 Juny 2018 | 16:20 WIB
Pengirim : KOMINFO - Dibaca : 105 Kali

Peringatan Nuzulul Qur’an Kab. Tapteng Tahun 2018

 

 

Hutabalang-Badiri.

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) melaksanakan Peringatan Nuzulul Qur'an 1439 H/2018 M di Pelataran Masjid Taqwa Muhammadiyah Hutabalang Kecamatan Badiri, Selasa (05/06/2018). Peringatan Nuzulul Qur’an Kab. Tapteng ini bertajuk “Dengan Peringatan Nuzulul Qur’an 1439 H/2018 M, mari kita tingkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, melalui kegiatan Tadarus Al Qur’an untuk memberantas buta aksara Al Qur’an bagi generasi penerus guna mewujudkan masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah yang berkarakter, mandiri, berakhlak, berintegritas, serta berkeadilan yang sejahtera”.

Acara Peringatan Nuzulul Qur’an dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Qori H. Jakpar Hasibuan SPdI, Doa, dan Laporan Ketua Pelaksana Kegiatan.

Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam sambutannya mengatakan rasa syukur atas pelaksanaan acara Nuzulul Qur’an Kab. Tapteng yang dihadiri oleh ribuan masyarakat dalam suasana bulan suci Ramadhan.

“Suatu kebanggaan bagi kami bisa berdiri selaku putra Kabupaten Tapanuli Tengah bersama Saudara Wakil Bupati Tapanuli Tengah Bapak Darwin Sitompul putra daerah Badiri, hari ini sejarah mencatat bahwa bergeser kegiatan-kegiatan kabupaten ditempatkan di kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah,” ungkap Bupati Tapteng mengawali sambutannya. 

“Ribuan masyarakat menghadiri Nuzulul Qur’an ini. Sebuah kebanggan kami dengan Wakil Bupati Tapanuli Tengah. Tadi qory kita telah membacakan lantunan ayat suci Al Qur’an. Betapa bodohnya manusia, dia menghancurkan masa kini sambil mengkhawatirkan masa depan. Tapi menangis di masa depan dengan mengingat masa lalunya. Begitulah kita di kehidupan ini, kadang-kadang kita tidak terpikir bagaimana saudara kita, yang dulu Taraweh bersama kita, ada di sebelah kiri kita, ada di sebelah kanan kita, berdiri di saf terdepan kita, ada saudara kita berdiri di belakang kita karena kekuasaan Allah hari ini dia tidak ikut lagi Sholat Taraweh bersama kita karena dipanggil Allah menghadapnya. Sungguh bersyukur bagi kita hari ini masih diberi kesempatan, kita hanya berharap di tahun depan, di Ramadhan yang akan datang, ketika Nuzulul Qur’an diperingati, kita masih bisa berdiri, berkata-kata dan hadir di tempat ini untuk menegakkan panji-panji Islam,” lanjut Bupati Tapteng.

“Hari ini perlu saya sampaikan bahwa malam hari ini juga kami akan melaksanakan pembagian zakat. Nantinya, zakat yang diberikan adalah bagi orang-orang yang betul-betul menurut ajaran Islam berhak menerima zakat.

Lanjut Bupati, semenjak dipercaya memimpin Kab. Tapteng menjadi Bupati dan Wakil Bupati Tapteng mulai diterapkan bahwa hukumnya wajib membayar zakat sebesar 2,5 persen bagi siapapun yang mampu dan yang harus membayar zakat bagi seluruh Pegawai Negeri di Kabupaten Tapanuli Tengah. 

“Alhamdulillah, kurang lebih 1.040.000.000 dalam waktu 8 (delapan) bulan terkumpul zakat pegawai negeri di Kabupaten Tapanuli Tengah. Insya Allah, seiring waktu berjalan kami menargetkan untuk tahun 2019, kalo Allah izinkan, kami meyakinkan seluruh pegawai negeri yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah kewajiban umat Islam yang memiliki kemampuan diwajibkan mengeluarkan zakat 2,5 persen. Target kami tahun 2019, 3 milyar akan terkumpul di Kabupaten Tapanuli Tengah. Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan,” ujarnya.

“Hari-hari telah berlalu, kurang lebih 1 tahun lebih 1 bulan kami memimpin Kabupaten Tapanuli Tengah tentu banyak kekurangan. Selaku makhluk ciptaan Tuhan yang sudah pasti dibatasi kemampuan. Kami memimpin satu tahun lebih, tentu memiliki banyak kekurangan. Saya Bupati mewakili ASN mohon dimaafkan. Saudara-saudara, dulu Kabupaten Tapanuli Tengah tertingal. Ijin Allah, 2018 ini kita ingin tunjukkan pembangunan di Kabupaten Tapanuli Tengah lebih signifikan. Untuk itu, kami harapkan kerjasama masyarakat,” lanjut Bupati dalam sambutannya.

Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani juga mengungkapkan telah menyampaikan proposal pembangunan Masjid Al Muslimin Pandan dan Masjid Raya Barus kepada DPRD Provinsi Sumatera Utara (Provsu) agar dapat ditampung anggarannya melalui APBD Provsu. Untuk itu, dimohonkan doa masyarakat Tapteng agar pembangunan itu dapat terlaksana dengan baik. 

“Atas ijin Allah SWT, Pasar Lingkar di Hutabalang akan dibangun. Ketika Allah berkehendak, tidak ada yang tidak mungkin. Untuk itu mari kita berlomba-lomba berbuat kebaikan. Sebentar lagi kita akan melakukan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara. Siapa pun calon kita, janganlah kita terpecah-belah. Nuzulul Qur’an yang kita laksanakan ini jangan hanya seremonial belaka tapi harus kita maknai dengan semakin mendekatkan diri menjadi insan yang taqwa. Semakin giat membaca, memahami isi kandungan Al Qur’an dan mempedomaninya dalam kehidupan kita. Kami ucapkan atas nama pribadi dan Pemkab Tapteng mohon maaf lahir dan bathin,” tandas Bupati Tapteng.

Selanjutnya, Ustad Abdel Muhadir Ritonga MPd menyampaikan tausyiah pada peringatan Nuzulul Qur’an Kab. Tapteng 1439 H/2018 M.

“Mudah-mudahan kita masih diberi kesehatan. Kehadiran kita adalah karena cinta kita kepada Al Qur’an. Turunnya Al Qur’an di bulan suci Ramadhan. Mudah-mudahan kita semakin cinta kepada Al Qur’an. Jadikanlah Al Qur’an sebagai penolongmu dengan mengamalkan Al Qur’an,” kata Ustad Abdel Muhadir Ritonga MPd dalam tausyiahnya.

Ustad Abdel Muhadir Ritonga MPd juga mengajak kita semua untuk menyayangi dan menghormati orang tua. Jangan berharap pintu rizki terbuka kalau kita menyakiti hati orangtua kita.

Pada kesempatan peringatan Nuzulul Qur’an itu, diberikan zakat kepada masyarakat sebanyak 150 orang. Qori dan Qoriah sebanyak 10 orang juga mendapat santunan dari Pemkab Tapteng.

Peringatan Nuzulul Qur’an Kab. Tapteng 1439 H/2018 M itu turut dihadiri oleh Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani, Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul, Forkopimda Tapteng, Pimpinan dan Anggota DPRD Kab. Tapteng, Ketua TP PKK Kab. Tapteng Ny. Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani, Wakil Ketua TP PKK Kab. Tapteng Ny. Juli Darwin Sitompul beserta jajarannya, Sekretaris Daerah Kab. Tapteng dan Sekretaris Daerah Kota Sibolga, Staf Ahli dan Asisten, Pimpinan OPD dan Camat serta jajarannya, Kemenag Kab. Tapteng, MUI Kab. Tapteng, ASN Pemkab Tapteng yang beragama Islam, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Organisasi Kemasyarakatan (ormas) khususnya Ormas Islam, dan masyarakat.

 

 

Foto : Bupati dan Wakil Bupati Tapteng beserta rombongan disambut antusias oleh masyarakat saat memasuki tempat acara Peringatan Nuzulul Qur’an.

 

Foto : Bupati dan Wakil Bupati Tapteng beserta rombongan disambut antusias oleh

masyarakat saat memasuki tempat acara Peringatan Nuzulul Qur’an.

 

 

Foto : Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani menyapa masyarakat dan Melantunkan Lagu Islami.

Foto : Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani menyapa masyarakat dan

Melantunkan Lagu Islami.

 

Foto : Ribuan masyarakat menghadiri Peringatan Nuzulul Qur’an Kab. Tapteng 1439 H/2018 M di Hutabalang Kecamatan Badiri.

Foto : Ribuan masyarakat menghadiri Peringatan Nuzulul Qur’an Kab. Tapteng 1439 H/2018 M di Hutabalang Kecamatan Badiri.

Foto : Ribuan masyarakat menghadiri Peringatan Nuzulul Qur’an Kab. Tapteng

1439 H/2018 M di Hutabalang Kecamatan Badiri.

 

Foto : Pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Qori H. Jakpar Hasibuan SPdI.

 

Foto : Pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Qori H. Jakpar Hasibuan SPdI.

 

Foto : Sambutan Bupati Tapteng pada Peringatan Nuzulul Qur’an Kab. Tapteng 1439 H/2018 M.

Foto : Sambutan Bupati Tapteng pada Peringatan Nuzulul Qur’an Kab. Tapteng

1439 H/2018 M.

 

Foto : Bupati Tapteng memberikan zakat kepada lansia yang membutuhkannya pada acara Peringatan Nuzulul Qur’an Kab. Tapteng 1439 H/2018 M.

Foto : Bupati Tapteng memberikan zakat kepada lansia yang membutuhkannya pada

acara Peringatan Nuzulul Qur’an Kab. Tapteng 1439 H/2018 M.

 

Foto : Bupati Tapteng dan Ketua TP PKK Kab. Tapteng memberikan santunan zakat kepada masyarakat yang membutuhkannya.

Foto : Bupati Tapteng dan Ketua TP PKK Kab. Tapteng memberikan santunan

zakat kepada masyarakat yang membutuhkannya.

 

Foto : Tausyah/Ceramah Agama Islam disampaikan oleh Ustad Abdel Muhadir Ritonga MPd pada Peringatan Nuzulul Qur’an Kab. Tapteng 1439 H/2018 M.

Foto : Tausyah/Ceramah Agama Islam disampaikan oleh Ustad Abdel Muhadir

Ritonga MPd pada Peringatan Nuzulul Qur’an Kab. Tapteng 1439 H/2018 M.

 

 


Artikel Lainnya
Beri Komentar

RSUD Pandan
 
Kabupaten Tapteng

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan kirim e-mail (humas@tapteng.go.id), melalui layanan pengaduan ini.

Terima kasih

 
Copyright 2014-2016 tapteng.go.id All Rights Reserved