Selamat datang di tapteng.go.id - Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah - Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan silahkan kirim e-mail ( humas@tapteng.go.id ) melalui layanan pengaduan ini.

Lambang Negara RI

Link Terkait
Pengunjung

Artikel

Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat XIV dan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-45 Kab. Tapanuli Tengah Tahun 2017
Tanggal Posting : Selasa, 16 Mei 2017 | 22:50 WIB
Pengirim : KOMINFO - Dibaca : 215 Kali

Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat XIV & Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-45 Kab. Tapanuli Tengah Tahun 2017

 

 

 

Pandan.

Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapanuli Tengah (TP. PKK Kab. Tapteng) melaksanakan Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke-XIV dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-45 Tingkat Kab. Tapteng Tahun 2017 bertempat di Halaman Kantor TP PKK Kab. Tapteng, Selasa (16/05/2017).

Acara ini dimulai dengan Laporan Ketua Panitia, yaitu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Tapteng (Dra. Anita M. Situmorang) dan Sambutan Wakil Ketua I TP. PKK Kab. Tapteng (Ny. Trisna Hendri Tobing).

Selanjutnya, Sambutan Plt. Ketua TP. PKK Kab. Tapteng (Ny. Sopharina Bukit Tambunan) dan Sambutan Pj. Bupati Tapanuli Tengah (Drs. Bukit Tambunan, M.AP) yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kab. Tapteng (Drs. Hendri Susanto Lumbantobing, M.Si) sekaligus pemukulan Tagading sebagai pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke-XIV oleh Plt. Ketua TP. PKK Kab. Tapteng dan Ibu-Ibu Forkopimda Tapteng.

Kegiatan BBGRM XIV dan HKG PKK Ke-45 Tingkat Kab. Tapteng Tahun 2017 ini dihadiri oleh Forkopimda Tapanuli Tengah, Sekretaris Daerah Kab. Tapteng, SKPD dan Camat se Kab. Tapteng, Plt. Ketua dan seluruh Anggota TP. PKK Kab. Tapteng, PKK Kecamatan dan PKK Kelurahan/Desa, Organisasi Wanita se Kab. Tapteng, para Kepala Desa, dan para undangan lainnya.

Sekretaris Daerah Kab. Tapteng (Drs. Hendri Susanto Lumbantobing, M.Si) mewakili Pj. Bupati Tapanuli Tengah mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menggalakkan kembali budaya gotong royong karena budaya tersebut merupakan cerminan dari keimanan. 

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kab. Tapteng mengungkapkan pelaksanaan BBGRM ini merupakan salah satu upaya dalam melestarikan sifat gotong royong yang merupakan budaya Bangsa Indonesia. Untuk itu, kepada seluruh Camat agar menggarakkan masyarakat agar ambil bagian dalam menggalakkan semangat gotong royong, saling bahu membahu menggelorakan peran serta lembaga kemasyarakat sehingga lembaga masyarakat berperan sebagai wadah penyalur aspirasi masyarakat.

"Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat yang kita laksanakan setiap tahun secara bersama-sama untuk menjaga kelestarian sifat gotong royong yang merupakan budaya Bangsa Indonesia sejak dahulu dan dikenal secara luas dalam kehidupan masyarakat khususnya di Kabupaten Tapanuli Tengah," kata Pj. Bupati Tapanuli Tengah dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kab. Tapteng.

Kiranya melalui pencanangan BBGRM ini, seluruh komponen masyarakat bahu membahu menggerakkan gotong rotong untuk terciptanya daerah yang bersih, karena daerah yang maju merupakan daerahnya bersih dan dan tertata rapi.

Apresiasi disampaikan kepada Tim Penggerak PKK Kab. Tapteng yang telah ambil bagian dalam memajukan Tapteng melalui kegiatan Bulan Bhakti Gotong RoyongXIV Tahun 2017.

Plt. Ketua TP. PKK Tapteng (Ny. Sopharina Bukit Tambunan) dalam sambutannya, menerangkan bahwa Bulan Bhakti Gotong royong yang sedang dilaksanakan memberikan makna dan ungkapan rasa syukur atas kiprah dan karya nyata gerakan PPK selama ini, dalam usaha memberdayakan dan mensejaterakan keluarga, salah satunya membudayakan semangat gotong royong di tingkat kabupaten, kecamatan, desa dan kelurahan di wilayah Tapteng.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab. Tapteng (Dra. Anita M. Situmorang) dalam laporannya mengatakan Bukan Bakti Gotong Royong Masyarakat XIV dan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke 45 Tahun 2017 memiliki Tema “Dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat, kita tingkatkan peran lembaga kemasyarakatan menuju masyarakat mandiri dan sejahtera dan dengan HKG PKK Ke-45 Tahun 2017 kita lakukan akselerasi program PKK untuk mewujudkan visi misi gerakan PKK.

Adapun tujuan dilaksanakannya BBGRM ini adalah untuk melestarikan dan meningkatkan semangat kegotongroyongan di tengah-tengah kehidupan masyarakat melalui pendayagunaan lembaga kemasyarakatan desa di Kabupaten Tapteng.

Kami juga mengharapkan agar seluruh camat dapat menindaklanjuti di wilayah masing-masing kegiatan bulan bhakti gotong royong, agar kegiatan tersebut dapat dilaksanakan secara rutin di kecamatan dan desa yang ada di Tapteng selama bulan Mei ini," katanya.

Pada kegiatan BBGRM Ke-XIV dan HKG PKK Ke-45 Tingkat Kab. Tapteng Tahun 2017 ini dilakukan penyerahan bantuan Alat Gotong Royong kepada para Camat se-Kab. Tapteng oleh Sekretaris Daerah Kab. Tapteng dan Forkopimda Tapteng.

Kemudian, Sekretaris Daerah Kab. Tapteng menyerahkan secara simbolis Dana Desa Tahun 2017 kepada 3 (tiga) Desa Percontohan, antara lain Desa Aek Gambir Kecamatan Lumut, Desa Makarti Nauli Kecamatan Kolang, dan Desa Pardamean Kecamatan Sorkam, yang diterima oleh masing-masing Kepala Desa.

Acara ini semakin meriah dengan dirangkainya acara penyerahan Bantuan Bahan Seragam PKK dan Kaos Lansia, Cat dan Kuas dari Plt. Ketua TP. PKK Kab. Tapteng (Ny. Sopharina Bukit Tambunan) dan didampingi oleh Ibu-ibu Forkopimda Tapteng, yang diterima oleh Ketua TP. PKK Desa/Kelurahan, meliputi Pelaksana Kegiatan Tertib Administrasi yaitu Kelurahan Pinangsori Kecamatan Pinangsori, Kegiatan PKDRT yaitu Kelurahan Pasir Bidang Kecamatan Sarudik, Kegiatan UP2K-PKK yaitu Kelurahan Bajamas Kecamatan Sirandorung, Kegiatan Pemanfaatan Lahan Pekarangan yaitu Desa Aek Gambir Kecamatan Lumut, Kegiatan Pemanfaatan Hasil Toga yaitu Desa Makarti Nauli Kecamatan Kolang, Kegiatan PT-P2WKSS yaitu Desa Pardamean Kecamatan Sorkam.

Kemudian, penyerahan bantuan bahan pakaian warga binaan kelompok jahit-menjahit dan bordir di lokasi percontohan PT-P2WKSS Tahun 2017 oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Tapteng (Dra. Anita M. Situmorang) kepada Desa Pardamean Kecamatan Sorkam, yang diterima oleh Ketua TP. PKK Desa Pardamean Kecamatan Sorkam.

Penyerahan bantuan bibit rambutan,mangga,dan cabe oleh Kepala Dinas Pertanian Kab. Tapteng (Dompak Simanjuntak, SP, MM) kepada 20 kecamatan se-Kab. Tapteng yang diterima oleh ketua TP. PKK Kecamatan didampingi oleh Camat.

Pada kegiatan BBGRM Ke-XIV dan HKG PKK Ke-45 Tingkat Kab. Tapteng Tahun 2017 ini disampaikan hadiah kepada para Juara Lomba Penyuluhan 10 Program PKK, Pemenang Lomba Poster Terbaik 12 Indikator Keluarga Sehat, dan penyerahan hadiah hiburan kepada Ketua TP. PKK Kecamatan yang belum berhasil jadi pemenang.

Adapun daftar pemenang rangkaian kegiatan TP. PKK Kab. Tapteng tersebut, yaitu :

1.    Juara Lomba Penyuluhan 10 Program Pokok PKK :

§  Juara I Ketua TP. PKK Kecamatan Tapian Nauli;

§  Juara II Ketua TP. PKK Kecamatan Sarudik;

§  Juara III Ketua TP. PKK Kecamatan Lumut;

§  Juara Harapan I Ketua TP. PKK Kecamatan Barus Utara;

§  Juara Harapan II Ketua TP. PKK Kecamatan Badiri;

§  Juara Harapan III Ketua TP. PKK Kecamatan Sorkam Barat.

 

2.    Pemenang Lomba Poster Terbaik 12 Indikator Keluarga Sehat :

§  Juara ITP. PKK Kecamatan Sarudik;

§  Juara II  KTP. PKKKecamatan Badiri;

§  Juara III TP. PKK Kecamatan Tapian Nauli;

§  Juara Harapan ITP. PKK Kecamatan Barus;

§  Juara Harapan II TP. PKK Kecamatan Sorkam;

§  Juara Harapan III TP. PKK Kecamatan Sorkam Barat.

 

3.    Pembagian Hadiah Hiburan Kepada Ketua Tp Pkk Kecamatan Yang Belum Berhasil Menjadi Pemenang :

§  Ketua TP. PKK Kec.Sukabangun

§  Ketua TP. PKKKec.Tukka

§  Ketua TP. PKK Kec. Sorkam

§  Ketua TP. PKKKec Sosorgadong

§  Ketua TP. PKKKec.Andam Dewi

§  Ketua TP. PKKKec.Manduamas

 

Diakhir acara dilaksanakan Pemotongan Kue Ulang Tahun PKK oleh Plt. Ketua TP. PKK Kab. Tapteng dan Ibu-ibu Forkopimda Tapteng dilanjutkan Hiburan berupa Tari Maena Gunung Sitoli yang dibawakan dari Desa Gunung Kelambu Kecamatan Badiri.


 

Foto : Laporan Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Tapteng

 

Foto : Laporan Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Tapteng

 

Foto : Sambutan Wakil Ketua I TP. PKK Kab. Tapteng

 

Foto : Sambutan Wakil Ketua I TP. PKK Kab. Tapteng

 

Foto : Sambutan Plt. Ketua TP. PKK Kab. Tapteng

 

Foto : Sambutan Plt. Ketua TP. PKK Kab. Tapteng

 

Foto : Sambutan Pj. Bupati Tapanuli Tengah yang dibacakan oleh Sekdakab Tapteng

Foto : Sambutan Pj. Bupati Tapanuli Tengah yang dibacakan oleh

Sekdakab Tapteng

 

Foto : Pemukulan Tagading oleh Plt. Ketua TP. PKK Kab. Tapteng dan Ibu-ibu Forkopimda Tapteng

Foto : Pemukulan Tagading oleh Plt. Ketua TP. PKK Kab. Tapteng

dan Ibu-ibu Forkopimda Tapteng

 

Foto : Pemotongan Kue Ulang Tahun PKK

 

Foto : Pemotongan Kue Ulang Tahun PKK

 

 


Artikel Lainnya
Beri Komentar

RSUD Pandan
 
Kabupaten Tapteng

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan kirim e-mail (humas@tapteng.go.id), melalui layanan pengaduan ini.

Terima kasih

 
Copyright 2014-2016 tapteng.go.id All Rights Reserved