Selamat datang di tapteng.go.id - Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah - Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan silahkan kirim e-mail ( humas@tapteng.go.id ) melalui layanan pengaduan ini.

Lambang Negara RI

Link Terkait
Pengunjung

Artikel

Pemkab Tapteng Peringati Hari Nusantara Tahun 2017
Tanggal Posting : Rabu, 20 December 2017 | 21:44 WIB
Pengirim : KOMINFO - Dibaca : 98 Kali

Pemkab Tapteng Peringati Hari Nusantara Tahun 2017

 

Pandan

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) memperingati Hari Nusantara Tahun 2017 bertempat di Lapangan Apel Kantor Bupati Tapteng, yang diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Tapteng di Pandan, Senin (18/12/2017).

Bupati Tapteng (Bakhtiar Ahmad Sibarani) diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Kab. Tapteng (Drs. Hendri Susanto Lumban Tobing, M.Si) bertindak sebagai Pembina Apel. Dalam sambutannya disampaikan bahwa peringatan Hari Nusantara untuk memperingati Deklarasi Djoeanda yang dicetuskan pada tanggal 13 Desember 1957 oleh Perdana Menteri Djoeanda Kartawijaya.

Deklarasi Djoeanda merupakan tonggak bagi penyatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang utuh. Melalui pernyataan diri sebagai Negara Kepulauan, maka laut bukan pemisah tetapi pemersatu bangsa. Melalui Deklarasi Djoeanda ini pula prinsip-prinsip Negara Kepulauan diterima sehingga wilayah laut Indonesia bertambah luas menjadi kurang lebih 5,8 juta km2. Tanggal 13 Desember kemudian ditetapkan sebagai Hari Nusantara oleh Presiden Republik Indonesia kelima (Megawati Soekarnoputri) melalui Keppres Nomor 126 Tahun 2001.

Pada saat pelantikan Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo) disampaikan bahwa kita telah lama memunggungi laut, memunggungi samudera, selat, dan teluk. Padahal kita sangat memahami bahwa laut adalah masa depan bangsa.

Kementerian Kelautan dan Perikanan menerjemahkan arahan Presiden Republik Indonesia dengan berkomitmen untuk melaksanakan pembangunan dan pengelolaan kelautan nasional melalui 3 misi, yaitu kedaulatan, keberlanjutan dan kesejahteraan. Salah satu wujud nyatanya adalah dengan memberantas illegal fishing melalui penegakan hukum di laut. Dampaknya signifikan bagi ekonomi perikanan di Indonesia bahkan dunia internasional. Sumber daya ikan semakin melimpah dan dapat dinikmati olehs seluruh Nelayan Indonesia.

Pada kesempatan itu, Bupati Tapteng (Bakhtiar Ahmad Sibarani) mengajak semua Aparatur Sipil Negara (ASN) melakukan intropeksi terhadap laut. Disatu sisi, wilayah Tapteng memiliki laut yang begitu luas, namun sumberdaya laut yang begitu hebat belum kita berdayakan secara optimal bagi kemakmuran seluruh masyarakat Tapteng. Budaya Bahari perlu digalakkan kembali sebagaimana tema Hari Nusantara tahun 2017, yaitu Gotong Royong dalam Kebhinekaan di Nusantara Guna Mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Bupati Tapteng mengajak semua lapisan untuk mencintai laut. Kita tidak boleh berhenti pada slogan namun diisi dengan program-program nyata yang dilaksanakan oleh pemerintah dan masyarakat.

Kita tidak boleh menutup mata bahwa kehidupan para nelayan, pembudidaya ikan dan masyarakat di Kawasan Pesisir masih memprihatinkan. Kita bersama-sama harus memikirkan dan melaksanakan program-program nyata yang dapat meningkatkan taraf kehidupan saudara-saudara kita itu.

“Momentum Hari Nusantara kali ini harus kita pelihara dan lanjutkan terus. Mari kita semua menggelorakan budaya bahari sesuai dengan semangat tema Hari Nusantara Tahun 2017 ini. Mari kita semua mengoptimalkan perairan laut kita sebagai pemersatu ekonomi. Mari kita pelihara laut kita sehingga anak cucu kita juga dapat menikmati dan memanfaatkannya secara lestari. Dirgahayu Hari Nusantara Tahun 2017,” ujar Bupati Tapteng yang dibacakan oleh Sekda Kab. Tapteng.

Pada upacara Peringatan Hari Nusantara Tahun 2017 itu, Bupati Tapteng diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Kab. Tapteng menyerahkan secara simbolis Klaim Asuransi Nelayan Tahun 2017 atas nama Alm. Baharuddin kepada Ahli Warisnya dan penyerahan secara simbolis penerima bantuan asuransi nelayan kepada beberapa orang nelayan.

 

Foto : Peringatan Hari Nusantara Tahun 2017 di Kab. Tapteng

 

Foto : Peringatan Hari Nusantara Tahun 2017 di Kab. Tapteng

 

Foto : Sekdakab Tapteng, Kabid di DKP Kab. Tapteng dan penerima klaim asuransi Nelayan foto bersama.

Foto : Sekdakab Tapteng, Kabid di DKP Kab. Tapteng dan penerima klaim asuransi

Nelayan foto bersama.


Artikel Lainnya
Beri Komentar

RSUD Pandan
 
Kabupaten Tapteng

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan kirim e-mail (humas@tapteng.go.id), melalui layanan pengaduan ini.

Terima kasih

 
Copyright 2014-2016 tapteng.go.id All Rights Reserved