Selamat datang di tapteng.go.id - Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah - Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan silahkan kirim e-mail ( humas@tapteng.go.id ) melalui layanan pengaduan ini.

Lambang Negara RI

Pengumuman
Rabu, 27 November 2019 | 19:21 WIB
 
Selasa, 26 November 2019 | 20:11 WIB
 
Selasa, 26 November 2019 | 12:27 WIB
 
Kamis, 21 November 2019 | 21:06 WIB
 
Kamis, 21 November 2019 | 19:32 WIB
 
Link Terkait
Pengunjung

Artikel

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah Melalui Dinas Sosial Launching Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Penyerahan Bantuan Sosial Non Tunai
Tanggal Posting : Rabu, 27 November 2019 | 20:53 WIB
Pengirim : KOMINFO - Dibaca : 122 Kali

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah Melalui Dinas Sosial Launching Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

dan Penyerahan Bantuan Sosial Non Tunai

 

 

PANDAN | Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesmas Freddy L. Situmeang, S.Sos, M.Kes secara resmi membuka acara Launching Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) di Gedung Panca Prima Pandan, Rabu (27/11/2019).

 

Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam mengawali sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesmas Freddy L. Situmeang, S.Sos, M.Kes mengucapkan Selamat dan Sukses atas terselenggaranya acara "Launching Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Penyerahan Bantuan Sosial bagi masyarakat Tapteng.

 

"Sebelumnya, saya ucapkan Selamat dan Sukses atas terselenggaranya acara ini, semoga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya", ucap Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani Yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesmas Feddy L. Situmeang, S.Sos, M.Kes.

 

Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani menyampaikan bahwa Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) ini merupakan komitmen pemerintah untuk mengurangi beban pengeluaran, serta memberikan nutrisi yang seimbang kepada para keluarga penerima manfaat secara tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat manfaat.

 

"BPNT adalah bantuan pangan yang diberikan oleh Pemerintah setiap bulannya kepada KPM melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan untuk membeli pangan hanya di E-Warung. Program BPNT merupakan bantuan yang diberikan kepada masyarakat yang tidak mampu yang telah terregister di basis data terpadu", kata Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani.

 

Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani juga menyampaikan bahwa Kementerian Sosial bekerjasama dengan Bank penyalur berharap dapat memberikan kemudahan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk pemenuhan kebutuhan pangan melalui Kartu Kombo/KKS.

 

"Tujuan BPNT adalah untuk mengurangi beban pengeluaran serta memberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada KPM secara tepat sasaran dan tepat waktu sehingga ketahanan pangan ditingkat KPM dapat meningkat dan sekaligus sebagai mekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan. Jika sebelumnya bantuan sosial diberikan dalam bentuk tunai, saat ini bantuan tersebut langsung diberikan secara non tunai melalui sistem perbankan dan cukup diakses melalui satu Kartu Kombo dengan fitur tabungan dan uang elektronik yang dinamakan sebagai Kartu Keluarga Sejahtera", ujar Bupati Tapanuli Tengah yang dibacakan oleh Asisten I Bidan Pemerintahan Feddy L. Situmeang.

 

"Saya himbau kepada seluruh penyedia layanan E-Warung, jangan ada yang menggantikannya dengan uang dan jangan sampai merubah sistem yang nantinya dapat merusak tatanan yang sudah ada dan merusak mental masyarakat", tegasnya.

 

Sebelumnya, Kepala Dinas (Kadis) Sosial Tapteng Parulian Sojuangon Panggabean, SE, M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan bantuan sosial non tunai ini dilaksanakan dengan menggunakan sistem perbankan.

 

"Penyaluran Bantuan Pangan dan Bantuan Sosial bersifat Non Tunai dengan menggunakan sistem perbankan ini adalah program yang bertransformasi atau berubah bentuk dari yang namanya RASKIN dan RASTRA, kini menjadi BPNT dengan bentuk E-Kartu senilai kuota Rp. 110.000 per keluarga penerima manfaat yang disingkat dengan KPM. Tujuannya dapat mendukung perilaku produktif serta meningkatnya transparansi, akuntabilitas, serta kemudahan mengontrol, memantau, dan menghindari penyimpangan dengan prinsip (Enam T), Tepat Sasaran, Tepat Harga, Tepat Kualitas, Tepat Waktu, Tepat Jumlah, dan Tepat Administrasi", ucap Kadis Sosial Tapteng Parulian Sojuangan Panggabean, SE, M.Si.

 

Kadis Sosial Tapteng juga menjelaskan bahwa E-Kartu ini digunakan sebanyak 21.238 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) se-Kabupaten Tapanuli Tengah.

 

"KPM yang menerima E-Kartu telah tersebar di 20 kecamatan se Kabupaten Tapanuli Tengah, sebanyak 21.238 KPM. Setiap KPM Penerima E-Kartu dapat digunakan untuk membeli beras sebanyak 7 kg dan telur sebanyak 20 butir di E-Warung yang sudah dibentuk oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI). Ada sebanyak 117 outlet E-Warung di 20 kecamatan se Kabupaten Tapanuli Tengah", jelas Kadis Sosial Tapteng Parulian Sojuangon Panggabean, SE, M.Si.

 

Selanjutnya, Kadis Sosial Tapteng memaparkan jumlah penerima bantuan dan jumlah bantuan yang diberikan, yaitu sebagai berikut:

1. Pemberian Kartu KKS Penerima BPNT kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 21.238 KPM melalui rekening Bank Rakyat Indonesia.

2. Pemberian Santunan Kematian (Sankem) kepada Ahli Waris sebanyak 200 orang dengan bantuan sebesar Rp. 1.000.000 tahun 2019 sesuai dengan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Tengah Bapak Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Bapak Darwin Sitompul kepada Masyarakat yang tidak mampu melalui rekening Bank Sumut Pandan.

3. Pemberian Bantuan Sosial bagi Penyandang Disabilitas diberikan kepada 65 orang penerima dengan bantuan sebesar Rp. 3.600.000 per orang melalui Bank Rakyat Indonesia. Penyandang Disabilitas yang mendapat bantuan ini berasal dari Kecamatan Barus, Kecamatan Barus Utara, dan Kecamatan Andam Dewi. Sementara itu, untuk Penyandang Disabilitas dari kecamatan lainnya masih dalam tahap pendataan dan pengajuan.

4. Pemberian Bantuan Sosial bagi Anak Jalanan (ANJAL) 339 anak yang masing-masing anak menerima sebesar Rp. 1.000.000 rupiah melalui rekening Bank Rakyat Indonesia yang dibina oleh 3 Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) yaitu:

A. ANJAL yang dibina oleh LKSA SEKATA Pandan sebanyak 160 orang anak.
B. ANJAL yang dibina oleh LKSA SEPIA Tapian Nauli sebanyak 90 orang anak, dan
C. ANJAL yang dibina oleh LKSA ANANDA Kolang sebanyak 89 orang anak.

5. Bantuan Sosial bagi Korban Bencana Alam dan Korban Bencana Sosial tahun 2019 kepada 63 orang penerima melalui rekening Bank Sumut Pandan dengan jumlah anggaran sebesar Rp. 319.000.000,” papar Kadis Sosial Tapteng Parulian Sojuangon Panggabean, SE, M.Si.

 

Setelah membuka secara resmi acara tersebut, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesmas Freddy L. Situmeang, S.Sos, M.Kes, pemberian bantuan secara simbolis kepada 3 (tiga) orang perwakilan dari masing-masing penerima diantaranya adalah penerima bantuan KPM 3 orang, yaitu Ibu Norma Sari dari Kecamatan Pandan, Ibu Nurluana Lubis dari Kecamatan Tukka, dan Yasniwati Nasution dari Kecamatan Sarudik. Kemudian penerima Santunan Kematian 3 orang, yaitu Ibu Rosmawati Manik, Ibu Regar Hutanabolon, dan Ibu Salmia Piliang.

 

Untuk penerima secara simbolis bantuan Disabilitas, yaitu Ibu Raina Ramunda Simatupang, Ibu Sappit Simamora dan Bapak Limson Habeahan. Sedangkan untuk penerima bantuan untuk anak jalanan secara simbolis diberikan kepada Rio Febrian, Fransiska Mendrofa dan Samtaron Hutabarat. Sedangkan untuk penerima bantuan bencana alam diberikan kepada Anuarman, Faoziduhu dan Niatman.

 

Diakhir acara, Dinas Sosial Kabupaten Tapanuli Tengah membagikan lucky Draw kepada para undangan, para tamu dan para peserta yang berhadir.

 

Turut hadir dalam acara tersebut, Pimpinan OPD dan para Camat se Pemkab Tapteng, Bulog Sibolga, Perbankan (Bank Sumut Pandan, BRI, BNI), PKH, TKSK, TAGANA, LKSA, dan para penerima bantuan atau penerima manfaat.

 

 

Foto : acara Launching Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng)

di Gedung Panca Prima Pandan, Rabu (27/11/2019).

 

 


Artikel Lainnya
Beri Komentar

RSUD Pandan
 
Kabupaten Tapteng

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan kirim e-mail (humas@tapteng.go.id), melalui layanan pengaduan ini.

Terima kasih

 
Copyright 2014-2016 tapteng.go.id All Rights Reserved