Selamat datang di tapteng.go.id - Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah - Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan silahkan kirim e-mail ( humas@tapteng.go.id ) melalui layanan pengaduan ini.

Lambang Negara RI

Link Terkait
Pengunjung

Artikel

Gubsu Buka Musrenbang Provsu 2018
Tanggal Posting : Jumat, 13 April 2018 | 18:07 WIB
Pengirim : KOMINFO - Dibaca : 70 Kali

 

Gubsu Buka Musrenbang Provsu 2018

 

 

 

Medan.

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr. H. T. Erry nuradi MSi membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbangda) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Tahun 2018 di Hotel Santika Premiere Dyandra Medan, Kamis (12/04/2018).

Gubsu dalam sambutannya mengatakan perlunya perhatian Pemerintah terhadap program-program strategis nasional di Provsu, meliputi berbagai infrastruktur pengembangan destinasi Danau Toba, jalan lingkar Samosir, revitalisasi kereta api wisata Medan-Pematangsiantar, pembangunan Jalan Tanjung Morawa-Saribu Dolok-Tonging (Rawasaring), infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke termasuk Pelabuhan Kuala Tanjung, pembangunan jalan kereta api Bandar Tinggi-Kuala Tanjung, preservasi jalan nasional, percepatan pembangunan kawasan Mebidangro dengan infrastruktur Mass Rapid Transit (MRT)/Light Rapid Transit (LRT)-Monore, sistem penyediaan air minum regional, pembangunan Bendungan Lau Simeme, pembangunan Pelabuhan Palimbung Ketek di Kabupaten Mandailing Natal (Kab. Madina), pengembangan Bandara Dr. FL. Tobing Pinangsori di Kabupaten Tapanuli Tengah (Kab. Tapteng) dan Bandara Binaka di Kota Gunungsitoli, dan infrastruktur strategis lainnya. Di bidang kepariwiataan, Gubsu mengatakan selain pengembangan destinasi Danau Toba, juga pengembangan kawasan strategis Pariwisata Pulau Nias.

“Beberapa proyek strategis diharapkan dapat ditampung dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2019,” kata Gubsu saat menyampaikan sambutannya didampingi Bupati/Walikota se Sumatera Utara (Sumut).

Pada kesempatan itu, Gubsu Dr. H. T. Erry Nuradi menjelaskan berbagai capaian pembangunan Provsu sepanjang tahun 2017, yaitu suprlus padi 1,7 juta ton, surplus energi listrik 15% atau sekitar 300 MW yang terinterkoneksi kelistrikannya di Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), kondisi jalan yang membaik dari tahun ke tahun hingga saat ini dengan kondisi jalan mantap 88% sesuai target pada RPJMD Provsu, serta Pemprovsu berhasil memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualiaan (WTP) dalam tiga tahun terakhir.

Hal yang menggembirakan adalah peningkatan Sumut di bidang ekonomi tahun 2017, yang memberikan harapan ke depan untuk semakin baik dan berhasil mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Kondisi makro ekonomi Sumut mengalami pertumbuhan 5,12% lebih baik dibanding nasional yang tumbuh sebesar 5,07% tahun 2016. Pertumbuhan Sumut juga ditunjukkan oleh capaian PDRB atas harga berlaku tahun 2017 sebesar Rp. 684,076 triliun meningkat dibanding tahun 2016 sebesar Rp. 628,39 triliun. Tahun 2017, inflasi Sumut 3,20 persen dibanding pada tahun 2016 sebesar 6,34 persen, lebih baik dari pada inflasi nasional 3,61 persen (year on year),” ujarnya.

Gubsu juga menyampaikan adanya kenaikan APBD Provsu tahun anggaran 2018 sebesar Rp. 13,87 trilyun dan diproyeksikan meningkat menjadi Rp. 15 trilyun.

“Diproyeksikan mencapai angka Rp. 15 trilyun yang diharapkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk percepatan pembangunan Provinsi Sumatera Utara maupun kabupaten/kota,” kata Gubsu.

Selanjutnya, Gubsu mengungkapkan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2019 yang disusun merupakan bagian dari visi dan misi dalam Perencanaan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provsu tahun pertama bagi Gubernur Sumatera Utara yang terpilih. Tahun 2018 ini Provsu melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang direncanakan berlangsung 27 Juni 2018.

“Untuk itu, kami harapkan agar pelaksanaan Musrenbang ini menjadi perhatian bersama bagi para pihak terkait, khususnya dalam penyusunan prioritas program dan kegiatan, serta penyelarasan dengan visi dan misi para Calon Gubernur dan Wakil Gubernur guna kesinambungan pembangunan di Provinsi Sumatera Utara,” ucapnya.

Sementara itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengapresiasi Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir HT Erry Nuradi MSi, karena dinilai berhasil membangun kekompakan antara Pemprovsu dengan kabupaten/kota di Sumut.

“Yang tadi dilakukan Gubernur Sumatera Utara bersama-sama bupati dan walikota tampil di depan. Boleh dibilang pengalaman saya 2 tahun ikut Musrenbang di berbagai provinsi, ini yang pertama kali yang saya lihat. Dan ini tidak sekedar seremoni, ini merupakan simbol pentingnya koordinasi dan sinkronisasi antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota,” kata Menteri PPN Bambang Brodjonegoro yang hadir pada acara Pembukaan Musrenbang Provsu Tahun 2018 itu.

Menteri PPN/Kepala Bappenas mengatakan, secara keseluruhan pertumbuhan ekonomi di Sumut cukup baik. Pertumbuhannya mencapai 5,21 persen jika dibandingkan tahun lalu pada triwulan yang sama pertumbuhannya sebesar 5,11 persen dan berada di atas pertumbuhan perekonomian rata-rata nasional.

Adapun angka pengangguran terbuka, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Sumut pada Agustus 2017 sebesar 5,60 persen, mengalami penurunan sebesar 0,24 poin dibanding TPT Agustus 2016, yang sebesar 5,84 persen.

“Ini yang bagus dari Sumut. Angka kemiskinannya juga lebih rendah dari nasional. Dan sisanya yang masih menjadi pekerjaan kita menguranginya. Angka kemiskinan di Sumut yang masih tinggi di Nias Utara, Nias Barat dan Gunung Sitoli,” ungkapnya.

“Hal lainnya yang harus menjadi perhatian pemerintah provinsi adalah pada bidang kesehatan kita sedang fokus pada stunting. Ini harus disinergikan. Angka Stunting di Sumut masih tinggi. Itu makanya kita fokus melakukan pemeriksaan kesehatan Balita sejak dini,” lanjutnya.

Selanjutnya, Menteri PPN/Kepala Bappenas mengingatkan di bidang pendidikan, pemerintah juga fokus pada pengembangan SMK. Mengingat, lebih banyak lulusan SMK yang menjadi pengangguran. Padahal siswa SMK setelah tamat diharapkan langsung bekerja. Hal ini menjadi tantangan bersama untuk dicari solusinya. Program vokasi saat ini giat dilaksanakan serta peningkatan kualitas pendidikan semisal tingkat SMK yang disesuaikan juga dengan perkembangan jaman dan kebutuhan pasar.

Pada kesempatan itu, Gubsu dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro memukul Gong tanda pembukaan Musrenbang Provsu Tahun 2018 resmi dibuka.

Setelah acara pembukaan Musrenbang Provsu itu, masih dilakukan Desk Lanjutan Musrenbang Provsu dan penyampaian paparan dari berbagai narasumber.

Turut hadir pada acara itu, Anggota DPD Republik Indonesia Parlindungan Purba dan Dedy Iskandar Batubara, mewakili Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri) Deputi BNPP Drs Robert Simbolon MPA, mewakili Menko Perekonomian, Forkopimda, Kakanwil BPN Bamban Priyono SH MH, Kepala BPKP Sumut, Ketua TP PKK Provsu Hj Evi Diana Erry Nuradi dan para Ketua PKK kabupaten/kota, Paslon Gubsu, para Bupati dan Walikota se Sumut, Sekretaris Daerah (Sekda), Kepala Bappeda dan OPD teknis terkait Provsu dan kabupaten/kota se Sumut.

Dari Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) hadir mengikuti Musrenbang Provsu Tahun 2018 Bappeda Kab. Tapteng beserta jajarannya dan Pimpinan OPD lainnya di lingkungan Pemkab Tapteng meliputi 19 OPD.

 

 

Foto : Gubsu dan Menteri PPN/Kepala Bappenas memukul Gong resmi dibuka Musrenbang Provsu Tahun 2018

Foto : Gubsu dan Menteri PPN/Kepala Bappenas memukul Gong resmi

dibuka Musrenbang Provsu Tahun 2018

 

Foto : Dinas Pora Kab. Tapteng didampingi Bappeda Kab. Tapteng asistensi Usulan pembangunan dengan Dinas Pora Provsu dan Bappeda Provsu pada Desk Musrenbang Provsu 2018.

Foto : Dinas Pora Kab. Tapteng didampingi Bappeda Kab. Tapteng asistensi

Usulan pembangunan dengan Dinas Pora Provsu dan Bappeda Provsu

pada Desk Musrenbang Provsu 2018.

 


Artikel Lainnya
Beri Komentar

RSUD Pandan
 
Kabupaten Tapteng

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan kirim e-mail (humas@tapteng.go.id), melalui layanan pengaduan ini.

Terima kasih

 
Copyright 2014-2016 tapteng.go.id All Rights Reserved