Selamat datang di tapteng.go.id - Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah - Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan silahkan kirim e-mail ( humas@tapteng.go.id ) melalui layanan pengaduan ini.

Lambang Negara RI

Link Terkait
Pengunjung

Artikel

Dinkes Provsu Gelar Forum Koordinasi Pelaksanaan GERMAS Di Kabupaten Tapanuli Tengah
Tanggal Posting : Rabu, 4 July 2018 | 19:08 WIB
Pengirim : KOMINFO - Dibaca : 87 Kali

 

Dinkes Provsu Gelar Forum Koordinasi Pelaksanaan GERMAS

Di Kabupaten Tapanuli Tengah

 

Pandan.

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Dinkes Provsu) menggelar kegiatan Forum Koordinasi Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Tuktuk Room Hotel PIA Pandan, Selasa (03/07/2018).

Forum Koordinasi GERMAS ini dibuka secara resmi oleh Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani diwakilkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah (Dinkes Kab. Tapteng) Nursyam SKM MKes, didampingi Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Provsu Supriyadi MPH dan Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kab. Tapteng dr. Pebrianto Manalu.

Kadis Kesehatan Kab. Tapteng mengatakan kegiatan Forum Koordinasi Pelaksanaan GERMAS ini diadakan oleh Dinkes Provsu dengan lokus di Kab. Tapteng dan 6 kabupaten/kota lainnya, yaitu Kabupaten Dairi, Labuhan Batu Selatan, Mandailing Natal, Padang Lawas, Nias Utara, dan Kota Gunung Sitoli. Dasar pelaksanaannya Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Kadis Kesehatan Kab. Tapteng mengharapkan melalui kegiatan Forum Koordinasi GERMAS ini, tujuan dan sasarannya dapat terwujud di Kab. Tapteng yang sinergis dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah khususnya pada bidang kesehatan secara lintas sektor melibatkan berbagai OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) dan seluruh pemangku kepentingan terkait.

Pelaksanaan GERMAS ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara mandiri. Artinya hingga saat ini, Pemerintah menunjukkan kepeduliannya yang tinggi dalam menanggulangi Penyakit Tidak Menular (TPM), yang mana penyakit itu dapat dicegah melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Adapun narasumber pada kegiatan ini, yaitu Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Provsu Supriyadi MPH, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kab. Tapteng dr. Pebrianto Manalu, dan Kabid Pemerintahan Kewilayahan dan Pembangunan Manusia (PKPM) Bappeda Kab. Tapteng Ir. Monang P. Harahap.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kab. Tapteng dr. Pebrianto Manalu menyampaikan materi paparan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga sehat dan GERMAS. Peran setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Tapteng terkait lintas sektor dipaparkan untuk mendapatkan pemahaman bersama dalam memberhasilkannya di Tapteng.

Perlu kita sampaikan disini keterkaitan seluruh OPD lintas sektor maupun lintas program, kegiatan-kegiatan apa sebenarnya yang berhubungan dengan GERMAS itu di setiap OPD agar semua OPD dapat mengambil peran masing-masing dalam memberhasilkannya,” kata dr. Pebrianto Manalu.

Selanjutnya, Kabid PKPM Bappeda Kab. Tapteng Ir. Monang P. Harahap memaparkan materi Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan keterkaitan perencanaannya.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Provsu Supriyadi MPH didampingi Kasi Komunitas dan Kesehatan Masyarakat Dinkes Provsu Meidriani Ayu Siregar menyampaikan paparan dengan judul Identifikasi Peran Lintas Sektor dalam Mensukseskan GERMAS dan Rencana Tindak Lanjutnya.

“Untuk mewujudkan Indonesia Sehat maka derajat kesehatan masyarakat harus tinggi. Untuk itu, GERMAS menjadikan masyarakat berperilaku hidup sehat adalah salah satu cara untuk mewujudkannya, disamping terciptanya masyarakat hidup dalam lingkungan yang sehat dan masyarakat dapat menjangkau pelayanan kesehatan yang berkualitas. Hal ini tentunya melibatkan semua komponen bangsa,” kata Supriyadi MPH.

“Sasaran GERMAS meliputi peningkatan edukasi hidup sehat, peningkatan kualitas lingkungan, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan perilaku hidup sehat, dan peningkatan aktifitas fisik,” ujarnya dalam penyampaian materi terkait GERMAS.

Lanjutnya, di daerah hal ini dapat ditindaklanjuti melalui regulasi/kebijakan GERMAS, pemetaan kegiatan lintas OPD, dan penuangan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh perwakilan OPD di lingkungan Pemkab Tapteng.

 

 

Foto : Sambutan Bupati Tapteng dibacakan oleh Kadis Kesehatan Kab. Tapteng.

 

Foto : Sambutan Bupati Tapteng dibacakan oleh Kadis Kesehatan Kab. Tapteng.

 

Foto : Penyampaian materi pada Forum Koordinasi GERMAS oleh Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Provsu dan Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kab. Tapteng.

Foto : Penyampaian materi pada Forum Koordinasi GERMAS oleh Kabid Kesehatan

Masyarakat Dinkes Provsu dan Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kab. Tapteng.

 

Foto : Penyampaian materi pada Forum Koordinasi GERMAS oleh Kabid PKPM Bappeda Kab. Tapteng.

Foto : Penyampaian materi pada Forum Koordinasi GERMAS oleh Kabid PKPM

Bappeda Kab. Tapteng.

 

Foto bersama usai acara.

Foto bersama usai acara.

 

 

 

 


Artikel Lainnya
Beri Komentar

RSUD Pandan
 
Kabupaten Tapteng

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan kirim e-mail (humas@tapteng.go.id), melalui layanan pengaduan ini.

Terima kasih

 
Copyright 2014-2016 tapteng.go.id All Rights Reserved