Selamat datang di tapteng.go.id - Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah - Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan silahkan kirim e-mail ( humas@tapteng.go.id ) melalui layanan pengaduan ini.

Lambang Negara RI

Link Terkait
Pengunjung

Artikel

Dinkes Kab. Tapteng Susun RAD Penanggulangan TBC
Tanggal Posting : Senin, 3 December 2018 | 17:07 WIB
Pengirim : KOMINFO - Dibaca : 67 Kali

 

Dinkes Kab. Tapteng Susun RAD Penanggulangan TBC

 

 

PANDAN – Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah (Dinkes Kab. Tapteng) menyusun Rencana Aksi Daerah ( RAD) Penanggulangan Teberkulosis (TBC) di Kab. Tapteng yang berlangsung di Ruang Rapat Cendrawasih Kantor Bupati Tapteng, Jumat (30/11/2018). Acara ini dibuka Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kab. Tapteng Nursyam, S.KM, M.Kes didampingi Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Kab. Tapteng Ewiya Laili, S.KM, M.Kes dan Pengelola Program Penanggulangan TBC dari Dinkes Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Dr. Henri Pane, M.Kes.

Dalam sambutannya, Kadis Kesehatan Kab. Tapteng Nursyam, S.KM, M.Kes mengatakan Teberkulosis atau TBC masih merupakan masalah kesehatan masyarakat yang menjadi tantangan global. Penyakit TBC merupakan penyakit menular, dimana dalam tahun-tahun terakhir memperlihatkan peningkatan dalam jumlah kasus baru maupun jumlah angka kematian yang disebabkan oleh TBC.

Adanya kecenderungan peningkatan jumlah kasus dalam jumlah yang besar, sehingga perlu penanganan yang serius dalam mengatasi masalah TBC di daerah. Sedangkan tahun 2018 upaya pengendalian dan penanggulangan TBC dimulai dengan melibatkan peran rumah sakit. Hal ini didasarkan pertimbangan bahwa fasilitas layanan tersebut memiliki potensi yang besar dalam program pengendalian TBC.

Selanjutnya peran dari seluruh lintas program dan lintas sektor meskipun sudah dilibatkan, akan tetapi masih sangat terbatas. Walaupun telah banyak kemajuan yang dicapai dalam upaya penanggulangan TBC, tapi tantangan masalah TBC ke depan makin besar, terutama dengan adanya tantangan baru berupa perkembangan Human Immuno Virus (HIV) dan TIB Resisten Obat.

Dalam rangka mendukung program percepatan Eliminasi TBC pada tahun 2035, Kab. Tapteng akan menyusun Rencana Aksi Daerah (RAD) Penanggulangan TBC, dimana RAD ini berperan sebagai rencana pengembangan kapasitas daerah untuk perluasan program penanggulangan TBC. RAD Penanggulangan TBC adalah dokumen kebijakan daerah yang berisi komitmen untuk melakukan serangkaian tindakan, tugas atau langkah-langkah yang dirancang untuk eliminasi TBC yang mengacu pada kebijakan nasional terkait (RPJMD, Renstra Dinkes, dan lain-lain). RAD Penanggulangan TBC disusun dengan maksud sebagai dasar dan pedoman bagi perangkat daerah dan aparatur pemerintah daerah (pemda), serta kelompok masyarakat di Kab. Tapteng dalam melaksanakan upaya penanggulangan TBC, dimana dokumen tersebut diharapkan sebagai dokumen acuan yang dipedomani oleh setiap OPD, Swasta, pemangku kepentingan terkait, dan masyarakat.

“Bapak ibu yang kami hormati, demi keberhasilan terbentuknya RAD TBC sebagai dokumen rencana penanggulangan TBC di Kabupaten Tapanuli Tengah maka pertemuan ini kami laksanakan, dengan harapan seluruh peserta pertemuan dapat berperan aktif dalam proses penyusunan RAD TBC sampai dengan selesai menjadi sebuah dokumen yang dapat disetujui oleh pemerintah daerah. Harapan kami ke depan adanya tindak lanjut dari pertemuan ini dan dapat diaplikasikan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing demi keberhasilan program penanggulangan TBC. Semoga upaya yang kita lakukan ini mendapat rahmat dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa,” kata Kadis Kesehatan Kab. Tapteng dalam sambutannya.

Beberapa Narasumber pada kegiatan ini diantaranya, yaitu Pengelola Program Penanggulangan TBC dari Dinkes Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Dr. Henri Pane, M.Kes, Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Kab. Tapteng Ewiya Laili, S.KM, M.Kes.

Acara ini turut dihadiri mewakili Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Tapteng, Pimpinan dan yang mewakili OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng), yaitu Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Komunikasi dan Informatika, Bagian Kesejahteraan Sosial, Direktur RSUD Pandan, Direktur Akper, para Camat, Kepala Puskesmas se Kab. Tapteng, Kepala BPJS Kab. Tapteng, Ketua IDI Kab. Tapteng, Ketua IAI Kab. Tapteng, Ketua IBI Kab. Tapteng, dan Ketua PPNI Kab. Tapteng.

 

 

..

Foto : Dinkes Kab. Tapteng melaksanakan penyusunan RAD Penanggulangan TBC di

Kab. Tapteng, Jumat (30/11/2018).


 

 


Artikel Lainnya
Beri Komentar

RSUD Pandan
 
Kabupaten Tapteng

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan kirim e-mail (humas@tapteng.go.id), melalui layanan pengaduan ini.

Terima kasih

 
Copyright 2014-2016 tapteng.go.id All Rights Reserved