Selamat datang di tapteng.go.id - Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah - Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan silahkan kirim e-mail ( humas@tapteng.go.id ) melalui layanan pengaduan ini.

Lambang Negara RI

Link Terkait
Pengunjung

Artikel

Dinkes Kab. Tapteng Laksanakan Pencanangan Kampanye Imunisasi Campak Rubella (Measles Rubella/MR) Tahun 2018
Tanggal Posting : Kamis, 9 August 2018 | 10:36 WIB
Pengirim : KOMINFO - Dibaca : 44 Kali

 

Dinkes Kab. Tapteng Laksanakan Pencanangan Kampanye Imunisasi

Campak Rubella (Measles Rubella/MR) Tahun 2018

 

 

Kolang.

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) melalui Dinas Kesehatan melaksanakan Pencanangan Kampanye Imunisasi Campak-Rubella (Measles Rubella/MR) Kab. Tapteng Tahun 2018 di SMP Negeri 1 Kolang Kecamatan Kolang, Selasa (07/08/2018).

Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani diwakili oleh Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kab. Tapteng Ny. Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani membuka secara resmi pelaksanaan Pencanangan Kampanye Imunisasi Campak dan Measles Rubella (MR) Kab. Tapteng Tahun 2018 dan memukul Gong tanda dibuka pencanangan kampanye imunisasi tersebut.

Dalam sambutan Bupati Tapteng yang dibacakan oleh Ketua TP PKK Kab. Tapteng disebutkan bahwa pada tahun 2000 lebih dari 562.000 anak per tahun meninggal di dunia karena komplikasi penyakit campak. Dengan pemberian imunisasi campak dan berbagai upaya yang telah dilakukan maka pada tahun 2014 kematian akibat campak menurun menjadi 114.000 per tahun dengan perkiraan 314 anak per hari. Angka kejadian Congenital Rubella Syndrome (CRS) pada negara yang belum mengintroduksi vaksin rubella diperkirakan cukup tinggi.

“Pelaksanaan kampanye campak-rubella ini bukanlah hanya tanggung jawab Dinas Kesehatan semata, tetapi merupakan tanggung jawab kita bersama. Untuk itu, pada kesempatan ini saya menghimbau kepada kita semua yang hadir untuk dapat berperan aktif melakukan kampanye campak rubella,” kata Bupati Tapteng yang disampaikan oleh Ketua TP PKK Kab. Tapteng.

Ketua TP PKK Kab. Tapteng mengatakan dalam mengkampanyekan imunisasi campak rubella itu dapat dilakukan dengan menginformasikan kepada seluruh lapisan masyarakat tentang kampanye imunisasi campak-rubella/measles rubella (MR), menggerakkan masyarakat yang memiliki anak berumur 9 bulan hingga lebih kecil dari 15 tahun untuk hadir di Pos Imunisasi MR di setiap desa dan sekolah yang telah ditetapkan untuk mendapatkan imunisasi campak-rubella, membantu petugas kesehatan maupun kader kesehatan dalam kampanye campak rubella, serta memastikan seluruh anak berumur 9 bulan hingga lebih kecil dari 15 tahun telah mendapat vaksin campak rubella.

“Untuk itu, pelaksanaan kampanye imunisasi campak rubella merupakan momentum bagi bangsa kita untuk mengeliminasi penyakit campak dan mengendalikan rubella/kecacatan bawaan akibat rubella. Oleh sebab itu, pada hari ini saya memulai pelaksanaannya dengan pencanangan kampanye imunisasi campak rubella di Kabupaten Tapanuli Tengah tahun 2018,” ujarnya.

Bupati Tapteng berharap pelaksanaan kampanye imunisasi MR ini dapat berjalan dengan sebaik-baiknya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Tapteng Nursyam SKM MKes dalam laporannya disebutkan bahwa Kampanye Imunisasi Campak Rubella (MR) ini dilaksanakan pada bulan Agustus hingga September 2018. Pada bulan Agustus, imunisasi MR dilakukan di sekolah-sekolah (TK, PAUD, SD/MI sederajat, SMP/MTs sederajat), sedangkan pada bulan September, imunisasi MR dilaksanakan di Pos-pos Pelayanan Imunisasi, seperti Posyandu, Polindes, Poskesdes, Puskesmas, Pustu, Rumah Sakit, dan fasilitas kesehatan lainnya.

“Kampanye Imunisasi MR ini adalah suatu kegiatan imunisasi secara massal dengan tujuan sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada usia 9 bulan sampai dengan lebih kecil dari 15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Jadi imunisasi ini sifatnya wajib dan tidak memerlukan individual informed consent. Selanjutnya imunisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap campak dan rubella secara cepat, serta menurunkan angka kesakitan campak dan rubella,” kata Kadis Kesehatan Kab. Tapteng.

Selanjutnya, Tokoh Masyarakat Ali Sobar Hutabarat dalam sambutannya mengatakan bulan Agustus adalah bulan yang penuh histori. Hari ini adalah pencanangan campak – rubella. Yang paling bagus sekarang mencegah daripada mengobati.

“Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Titip salam kami kepada Bupati Tapanuli Tengah. Mari kita sama-sama mengkampanyekan pencegahan Campak Meales Rubella. Dalam kampanye ini, kita semua harus berperan aktif. Sebelum datang penyakit, harus kita lakukan pencegahan. Kesehatan itu lebih bermakna dari uang. Kepada Dinas Kesehatan kiranya dapat membina kami di dalam pencegahan Campak= Rubella,” kata Ali Sobar Hutabarat.

Pada pencanangan kampanye imunisasi MR itu, Ketua TP PKK Kab. Tapteng Ny. Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Tim Medis Dinas Kesehatan melakukan imunisasi di SMP Negeri 1 Kolang.

Turut hadir pada acara itu, yaitu Dankesya Korem 023/KS, mewakili Kapolres Tapteng, Camat Kolang, Forkopimka Kolang, Kadis Kesehatan Kab. Tapteng dan jajarannya, Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Tapteng, TP PKK Kab. Tapteng, Kepala Puskesmas se Kab. Tapteng, Ketua IDI Kab. Tapteng, Ketua PPNI Kab. Tapteng, Camat se Kab. Tapteng, Kepala Sekolah di Kecamatan Kolang, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan siswa siswi SMP Negeri 1 Kolang.

 

 

Foto : Sambutan Ketua TP PKK Kab. Tapteng sekaligus membuka secara resmi Pencanangan Kampanye Imunisasi MR Kab. Tapteng.

Foto : Sambutan Ketua TP PKK Kab. Tapteng sekaligus membuka secara resmi

Pencanangan Kampanye Imunisasi MR Kab. Tapteng.

 

Foto : Laporan Kadis Kesehatan Kab. Tapteng pada saat Pencanangan Kampanye Imunisasi MR Kab. Tapteng.

Foto : Laporan Kadis Kesehatan Kab. Tapteng pada saat Pencanangan Kampanye

Imunisasi MR Kab. Tapteng.

 

 

Foto : Pemukulan Gong oleh Ketua TP PKK Kab. Tapteng tanda dibuka secara resmi Pencanangan Kampanye Imunisasi MR Kab. Tapteng.

Foto : Pemukulan Gong oleh Ketua TP PKK Kab. Tapteng tanda dibuka secara

resmi Pencanangan Kampanye Imunisasi MR Kab. Tapteng.

 

 

Foto : Ketua TP PKK Kab. Tapteng melakukan suntikan imunisasi MR kepada Siswa SMPN 1 Kolang.

Foto : Ketua TP PKK Kab. Tapteng melakukan suntikan imunisasi MR kepada

Siswa SMPN 1 Kolang.

 

 

 

 


Artikel Lainnya
Beri Komentar

RSUD Pandan
 
Kabupaten Tapteng

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan kirim e-mail (humas@tapteng.go.id), melalui layanan pengaduan ini.

Terima kasih

 
Copyright 2014-2016 tapteng.go.id All Rights Reserved