Selamat datang di tapteng.go.id - Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah - Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan silahkan kirim e-mail ( humas@tapteng.go.id ) melalui layanan pengaduan ini.

Lambang Negara RI

Link Terkait
Pengunjung

Artikel

Dinas Perpustakaan dan Arsib Kab. Tapteng Laksanakan Lomba Baca Buku Terbanyak Tingkat SD dan SMP Tahun 2017
Tanggal Posting : Rabu, 20 December 2017 | 22:11 WIB
Pengirim : KOMINFO - Dibaca : 114 Kali

Dinas Perpustakaan dan Arsib Kab. Tapteng Laksanakan Lomba

Baca Buku Terbanyak Tingkat SD dan SMP Tahun 2017

 

Pandan.

Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tapanuli Tengah (Kab. Tapteng) melaksanakan Lomba Baca Buku Terbanyak Tingkat SD dan SMP Tahun 2017 bertempat di Gedung Pertemuan SMA/SMK Yapim Taruna Pandan, Selasa (19/12/2017).

Lomba itu dibuka oleh Bupati Tapteng (Bakhtiar Ahmad Sibarani) yang diwakili oleh Asisten Administrasi dan Umum (Drs. Herman Suwito, MM) didampingi oleh Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kab. Tapteng (Drs. Niswan Tanjung).

Bupati Tapteng dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi dan Umum menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) mendorong peningkatan minat baca anak-anak sejak dini. Melalui kegiatan lomba ini diharapkan dapat menumbuhkembangkan dan membina anak-anak sejak dini untuk selalu gemar membaca, serta menjadikan membaca sebagai suatu budaya dalam kehidupan kesehariannya. Anak-anak harus memahami adanya ungkapan Buku adalah gudangnya ilmu dan membaca adalah kuncinya. Oleh karena itu, anak-anak sejak dini harus membiasakan diri dengan budaya membaca. Dengan membaca kita membuka jendela dunia dan ilmu pengetahuan.

Bupati Tapteng juga mengingatkan semua pihak tentang pentingnya ilmu pengetahuan dan untuk turut andil dalam memberhasilkan peningkatan minat dan budaya membaca pada anak-anak sejak usia dini sebagai wujud nilai luhur dalam upaya peningkatan pengetahuan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa di Tapteng.

“Dengan ilmu pengetahuan, kita dapat membangun daerah ini menjadi lebih maju dan lebih baik. Melalui kegiatan lomba membaca ini juga sebagai salah satu upaya kita untuk dapat menumbuhkembangkan minat dan budaya baca khususnya anak-anak sejak dini di Tapteng, termasuk menarik minat baca anak-anak tentang buku-buku budaya cerita daerah,” ujar Bupati Tapteng dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi dan Umum.

Selanjutnya, Bupati Tapteng berpesan ada beberapa langkah untuk meningkatkan dan menumbuhkan minat dan budaya membaca pada diri kita, yaitu bangunlah motivasi minat membaca, mulailah membaca sesuatu yang disukai, menyisihkan waktu yang tepat untuk membaca, dan menumbuhkan rasa ingin tahu.

Sebelumnya, Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kab. Tapteng (Drs. Niswan Tanjung) dalam laporannya disampaikan bahwa tujuan pelaksanaan lomba ini adalah untuk meningkatkan minat dan budaya membaca sejak dini bagi anak-anak, khususnya  tingkat SD dan SMP. Selain itu, kegiatan ini sebagai ajang memperkenalkan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kab. Tapteng kepada anak-anak khususnya tingkat SD dan SMP beserta berbagai fasilitas yang telah tersedia dalam mendukung budaya gemar membaca di kalangan anak-anak. Melalui budaya gemar membaca akan sangat berpengaruh terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia di Kab. Tapteng.

Lomba baca buku terbanyak ini diikuti oleh 20 orang peserta tingkat SD dan 20 orang peserta tingkat SMP dari 8 (delapan) kecamatan, meliputi Kecamatan Pandan, Tukka, Sarudik, Badiri, Pinangsori, Lumut, Sibabangun, dan Tapian Nauli. Peserta lomba pertama yang berkesempatan tampil, Yerlinda dari SDN 156472 Hajoran 2 dan Yunita Rahayu dari SMPN 1 Tukka.

Adapun para juara Lomba Baca Buku Terbanyak ini, untuk kategori Siswa SD, yaitu Juara I Sartika May Zahra dari SD Pandan 3 di Kecamatan Pandan, Juara II Agatha Edva Neria Bangun dari SD Swasta Santa Melania di Kecamatan Sarudik, Juara III Irena Claudia Saragih dari SD Negeri 152981 Tukka IA di Kecamatan Tukka, Juara Harapan I Atma Giri Fatwa dari SD Negeri Aksara Sibuluan I B di Kecamatan Pandan, Juara Harapan II Debi Anggraini Hulu dari SD Negeri 157014 Aek Horsik di Kecamatan Badiri, Juara Harapan III Husein Munawar Sitompul dari SD Negeri 152982 Tukka di Kecamatan Tukka, dan Juara Favorit Herlindo Lase dari SD Negeri 156472 Hajoran 2 di Kecamatan Pandan.

Selanjutnya, para juara Lomba Baca Buku Terbanyak ini, untuk kategori Siswa SMP, yaitu Juara I Sabrina Mutia Rahma Nasution dari SMP Swasta Al-Muslimin Pandan di Kecamatan Pandan, Juara II Fazrra Manullang dari SMP Negeri 2 Pandan Nauli di Kecamatan Pandan, Juara III Ulidona Wahyuni Sari dari SMP Negeri 2 Tapian Nauli di Kecamatan Tapian Nauli, Juara Harapan I Putra Apridia Panggabean dari SMP Negeri 1 Pandan di Kecamatan Pandan, Juara Harapan II Elma S. Lase dari SMP Negeri 2 Satu Atap Lumut di Kecamatan Lumut, Juara Harapan III Yunita Rahayu dari SMP Negeri 1 Tukka di Kecamatan Tukka, dan Juara Favorit Winda Simanjuntak dari SMP Negeri 2 Satu Atap Pinangsori di Kecamatan Pinangsori.

Hadir pada kegiatan lomba membaca itu, Asisten Administrasi dan Umum, Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsp Kab. Tapteng beserta jajarannya, SKPD teknis terkait di lingkungan Pemkab Tapteng, perwakilan Kepala Sekolah tingkat SD dan SMP di Kecamatan Pandan, Guru Pembimbing, para peserta lomba membaca tingkat SD dan SMP di Kecamatan Pandan, dan para Dewan Juri Penilai Lomba

 

Foto : Sambutan Bupati Tapteng yang dibacakan oleh Asisten Administrasi dan Umum Pada Lomba Baca Buku Terbanyak

Foto : Sambutan Bupati Tapteng yang dibacakan oleh Asisten Administrasi dan Umum

Pada Lomba Baca Buku Terbanyak

 

Foto : :Laporan Plt. Kadis Perpustakaan dan Arsip Kab. Tapteng.

 

Foto : :Laporan Plt. Kadis Perpustakaan dan Arsip Kab. Tapteng.

 

Foto : Asisten Administrasi dan Umum, Plt. Kadis Perpustakaan dan Arsip Kab. Tapteng, undangan dan peserta lomba

Foto : Asisten Administrasi dan Umum, Plt. Kadis Perpustakaan dan Arsip Kab.

Tapteng, undangan dan peserta lomba

 

Foto : Plt. Kadis Perpustakaan dan Arsip Kab. Tapteng foto bersama Juara  Lomba Baca Terbanyak

Foto : Plt. Kadis Perpustakaan dan Arsip Kab. Tapteng foto bersama Juara

Lomba Baca Terbanyak


Artikel Lainnya
Beri Komentar

RSUD Pandan
 
Kabupaten Tapteng

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan kirim e-mail (humas@tapteng.go.id), melalui layanan pengaduan ini.

Terima kasih

 
Copyright 2014-2016 tapteng.go.id All Rights Reserved