Selamat datang di tapteng.go.id - Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah - Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan silahkan kirim e-mail ( humas@tapteng.go.id ) melalui layanan pengaduan ini.

Lambang Negara RI

Link Terkait
Pengunjung

Artikel

Dinas Pariwisata Kab. Tapteng Laksanakan Pengembangan Jaringan Kerja Sama Promosi Pariwisata
Tanggal Posting : Minggu, 5 August 2018 | 20:21 WIB
Pengirim : KOMINFO - Dibaca : 56 Kali

 

Dinas Pariwisata Kab. Tapteng Laksanakan Pengembangan Jaringan

Kerja Sama Promosi Pariwisata

 

 

Pandan.

Dinas Pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah (Dispar Kab. Tapteng) melaksanakan kegiatan Pengembangan Jaringan Kerja Sama Promosi Pariwisata di Hotel PIA Pandan, Kamis (02/08/2018).

Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani yang diwakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ir. Aris Sutrisno didampingi Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kab. Tapteng diwakili Kabid Pemasaran Betti Emyati Pasaribu SE Ak dan para Narasumber membuka kegiatan itu secara resmi.

Dalam sambutannya, Asisten Ekonomi dan Pembangunan menyampaikan pentingnya memperkuat unsur-unsur pembentuk destinasi pariwisata, meliputi daya tarik wisata, aksesibilitas, amenitas/fasilitas penunjang, fasilitas pendukung, dan kelembagaan.

“Daerah kita ini tidak kalah daya tarik wisata berupa potensi obyek wisatanya dengan daerah lain yang lebih dulu maju dan berkembang, seperti Bali. Pantai di Tapanuli Tengah tidak kalah, namun faktor pendukung lainnya perlu ditingkatkan. Infrastruktur jalan jauh lebih baik dan mulus saat ini. Penerbangan juga selain Medan juga telah terhubung langsung dengan Jakarta. Faktor amenitas, fasilitas pendukung, dan kelembagaan perlu kita tingkatkan agar pariwisata kita semakin berdaya saing,” kata Asisten Ekonomi dan Pembangunan.

Selanjutnya, Asisten Ekonomi dan Pembangunan menyampaikan perlunya pengembangan jaringan kerjasama potensi pariwisata di Kab. Tapteng yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan, meliputi pemerintah, pihak swasta/pelaku usaha termasuk investor, asosiasi profesi, dan masyarakat.

"Pengembangan jaringan potensi wisata ini membutuhkan peran dari pemerintah, peran pihak swasta, dan juga elemen masyarakat untuk memperkenalkan sekaligus meyakinkan pihak yang berinteraksi dengan dunia pariwisata. Contohnya, bagaimana kita bisa meyakinkan wisatawan agar dapat datang ke daerah kita, tidak hanya sekali saja tetapi kalau bisa datang kembali dan membawa wisatawan lainnya,” ujarnya.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan mengharapkan melalui acara ini dapat diambil suatu kesimpulan dan rekomendasi untuk dapat memberhasilkan pengembangan potensi pariwisata dengan penguatan jaringan kerjasama promosi wisata hingga adanya realisasi investasi di bidang pariwisata, serta meningkatkan kunjungan wisata ke Kab. Tapteng.

Adapun narasumber Korwil Sumatera DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia Provinsi Sumatera Utara (DPD HPI Provsu) yang sekaligus team consultant Dusun Kreatif Kus Endro menyampaikan pentingnya seluruh pemangku kepentingan mewujudkan Sapta Pesona dalam memberhasilkan daya saing pariwisata suatu daerah.

Selain itu, Kus Endro juga memaparkan beberapa jenis usaha kreatif yang memiliki kemampuan dalam meningkatkan potensi ekonomi dengan lingkup yang sangat luas sehingga pariwisata dapat membuka banyak peluang kerja bagi masyarakat.

Narasumber lainnya pada kegiatan itu adalah dari HPI Kab. Tapteng, Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) Provsu Burhanuddin SSos MEP dengan judul paparan Membangun Sinergi untuk Pembangunan Kepariwisataan Tapanuli Tengah yang Berkelanjutan. Narasumber ketiga acara itu, Kabid Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (Dinas PMPPTSP) Kab. Tapteng Hendra Wijaya.

Acara ini turut dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kab. Tapteng meliputi Dinas Pariwisata, Dinas Kominfo, Dinas PMPPTSP, Bappeda, juga dihadiri Kantor Bandar Udara Dr. Ferdinand Lumbantobing Pinangsori, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), YEL, HPI Provsu dan Kab. Tapteng.

 

 

 

Foto : Sambutan Bupati Tapteng diwakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan pada kegiatan Pengembangan Jaringan Kerja Sama Promosi Pariwisata.

Foto : Sambutan Bupati Tapteng diwakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan

 

pada kegiatan Pengembangan Jaringan Kerja Sama Promosi Pariwisata.

 

Foto : Narasumber saat menyampaikan paparan materi pada kegiatan Pengembangan Jaringan Kerja Sama Promosi Pariwisata.

Foto : Narasumber saat menyampaikan paparan materi pada kegiatan Pengembangan Jaringan Kerja Sama Promosi Pariwisata.

Foto : Narasumber saat menyampaikan paparan materi pada kegiatan Pengembangan Jaringan Kerja Sama Promosi Pariwisata.

Foto : Narasumber saat menyampaikan paparan materi pada kegiatan Pengembangan

Jaringan Kerja Sama Promosi Pariwisata. 

 


 


Artikel Lainnya
Beri Komentar

RSUD Pandan
 
Kabupaten Tapteng

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan kirim e-mail (humas@tapteng.go.id), melalui layanan pengaduan ini.

Terima kasih

 
Copyright 2014-2016 tapteng.go.id All Rights Reserved