Selamat datang di tapteng.go.id - Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah - Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan silahkan kirim e-mail ( humas@tapteng.go.id ) melalui layanan pengaduan ini.

Lambang Negara RI

Link Terkait
Pengunjung

Artikel

Dinas PMPPTSP Kab. Tapteng Nyatakan Siap Terapkan Program MANTAP Dalam Pelayanan Pengurusan Izin
Tanggal Posting : Rabu, 17 January 2018 | 21:45 WIB
Pengirim : KOMINFO - Dibaca : 173 Kali

Dinas PMPPTSP Kab. Tapteng Nyatakan Siap Terapkan Program MANTAP Dalam Pelayanan Pengurusan Izin

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tapanuli Tengah (Dinas PMPPTSP Kab. Tapteng) nyatakan siap menerapkan program MANTAP (Mudah, Aktif, Nyaman, Transparan, Amanah, Profesional) dalam pelayanan pengurusan izin dengan menyediakan ruangan khusus untuk pengurusan izin.
Plt Kepala Dinas PMPPTSP Kab. Tapteng (Drs. Erwin Marpaung) mengatakan, pihaknya siap melakukan pelayanan yang mudah dan bersih bagi pemohon izin guna menunjukkan bahwa Dinas Perizinan bersih dan tidak mempersulit warga dalam pengurusan izin, dimana pengurusan izin di Tapteng telah diterapkan melalui satu pintu, yaitu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tapanuli Tengah.
"Pertama keluarnya Peraturan Bupati tentang pelimpahan untuk pengurusan izin di dinas perizinan yang selama ini semua izin harus melalui bupati untuk penandatanganan dan bupati sudah mendelegasikan kepada kadis perizinan. Itu adalah untuk mempersingkat waktu proses perizinan yang selama ini ada sampai 2 bulan, 3 bulan. Setelah ada ini (ruangan khusus penerimaan berkas pemohon surat izin, red), lengkap berkas lengkap syarat semua maka izin cepat selesai. Kalau sesuai SOP kami maksimal 7 hari setelah lengkap berkas," ujar Kadis PMPPTSP Kab. Tapteng, Rabu (17/01/2018).
Ditambahkannya, proses pengajuan pengurusan izin nantinya hingga selesai tidak akan memakan waktu lama lagi sesuai standar operasional dan prosedur (SOP).
"Masuk pemohon, masuk klarifikasi, kalau dia berkas kurang lengkap, kita minta pemohon melengkapi berkas, setelah lengkap ditunggu pun langsung jadi, kalau dia memakan waktu maka kita akan beritahu pada pemohon, kita beritahukan pemohon untuk datang di hari izin nya sudah selesai," pungkasnya.
Erwin Marpaung menjelaskan, dalam upaya memberikan pelayanan yang mudah kepada masyarakat yang mengajukan pengurusan izin maka nantinya, pihaknya juga akan menyurati dinas-dinas terkait untuk menempatkan stafnya di Dinas Perizinan Tapteng.
"Semua izin telah di kantor dinas perizinan, oleh karena itu dinas teknis kita minta stafnya agar ditempatkan di kantor ini dan dibuat skejulnya nanti, semua rekomendasi teknis disini dibuat, satu pintu, itulah pengertian satu pintu. Biasanyakan selama ini, cintohnya kalo dokter urus izin kita harus surati dinas kesehatan dulu, tapi nanti tidak lagi kalo stafnya sudah ada disini, IMB juga begitu sudah disini," jelasnya.
Pihaknya juga akan melakukan kerja sama dengan pihak Bank untuk mempermudah pemohon surat izin untuk menyetorkan pembayaran retribusi, sehingga masyarakat tidak direpotkan harus pergi ke Bank lagi.
"Kita akan mengadakan kerjasama dengan pihak Bank supaya membuka semacam kantor kas, itu bilamana ada retribusi langsung disitu distor, retribusi IMB kan ada. Alasannya, satu agar membersihkan hal-hal tak enak selama ini sesuai motto kami, tidak boleh melalui calo dan tidak menerima suap. Cuma kita selama ini tidak tahu, kita tidak mau menuduh seseorang, cuma kita mau membersihkan itu," ucapnya.
Selanjutnya, setelah pihaknya nanti selesai pelatihan yang akan ditempatkan menjadi operator penerima berkas di ruang pelayanan pengurusan izin di kantornya itu, pihaknya akan meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengevaluasi sistem yang telah disediakan pihaknya itu.
"Setelah pelatihan nanti, kami akan menyurati KPK untuk mengevaluasi kinerja atau aplikasi. Oke mereka, Tapteng sudah bisa launching," ujarnya.
Kadis PMPPTSP Kab. Tapteng (Drs. Erwin Marpaung) menargetkan, sistem pelayanan pengurusan izin yang berbasis online itu, akan dapat diaktifkan pada Februari 2018 mendatang.
"Kami mengusahakan kalo bisa bulan dua, sudah pakai sistem. Pemohon sudah bisa mengurus dari rumahnya, tinggal kita memeriksa dan beritahu berkas anda kurang ini, balas langsung. Ini untuk menghilangkan imege masyarakat selama ini, tanggapan masyarakat selama ini mengurus izin mahal, saya pun bingung mahalnya dimana? Itu yang mau kita bersihkan," katanya.
Foto: Kepala Dinas PMPPTSP Kab. Tapteng  saat di Ruang Pelayanan Perizinan Terpadu.
Foto: Kepala Dinas PMPPTSP Kab. Tapteng  saat di Ruang Pelayanan Perizinan Terpadu.


Artikel Lainnya
Beri Komentar

RSUD Pandan
 
Kabupaten Tapteng

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan kirim e-mail (humas@tapteng.go.id), melalui layanan pengaduan ini.

Terima kasih

 
Copyright 2014-2016 tapteng.go.id All Rights Reserved