Selamat datang di tapteng.go.id - Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah - Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan silahkan kirim e-mail ( humas@tapteng.go.id ) melalui layanan pengaduan ini.

Lambang Negara RI

Link Terkait
Pengunjung

Artikel

Dinas PMD Kabupaten Tapanuli Tengah Menggelar Bursa Inovasi Desa Kabupaten Tapanuli Tengah Cluster I Tahun 2019
Tanggal Posting : Rabu, 23 October 2019 | 19:27 WIB
Pengirim : KOMINFO - Dibaca : 104 Kali

Dinas PMD Kabupaten Tapanuli Tengah Menggelar Bursa Inovasi Desa Kabupaten Tapanuli Tengah Cluster I Tahun 2019

 

 

 

PANDAN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) menggelar Bursa Inovasi Desa di Gedung Gedung Panca Prima Pandan, Selasa (22/10/2019). Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani diwakili Plt Kepala Dinas (Kadis) PMD Tapteng Jonnedy Marbun, S.Pd membuka secara resmi Bursa Inovasi Desa khusus Cluster I sebanyak 12 kecamatan, yaitu Kecamatan Sukabangun, Sibabangun, Lumut, Pinangsori, Badiri, Pandan, Tukka, Sarudik, Sitahuis, Tapian Nauli, Kolang dan Sorkam.

 

Bupati Tapanuli Tengah dalam sambutannya yang dibacakan Plt Kadis PMD Tapteng mengatakan bahwa Program Inovasi Desa merupakan salah satu upaya Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Republik Indonesia dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan di desa melalui pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas dan strategis, baik dalam bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia, pelayanan sosial dasar, maupun infrastruktur desa.

 

“Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa pada hari ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan inovasi-inovasi baru bagi desa untuk berpartisipasi dalam proses menggali dan memanfaatkan potensi yang ada. Saya harapkan seluruh pemangku kepentingan terkait supaya dapat bekerja sama serta saling bahu membahu di antara kita semua, agar target tersebut tercapai. Salah satunya, agar mewujudkan desa mandiri yang mampu berinovasi terhadap potensi desa agar bursa hasil dari Komitmen Bursa Inovasi Desa tahun 2019 yang diselenggarakan ini dituangkan dalam Rencana Kegiatan Pembangunan Desa ( RKPDES) dan dianggarkan dalam APBD Desa Tahun 2020,” kata Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani.

 

Selanjutnya, Bupati Tapteng mengharapkan dalam satu kecamatan dan satu desa mempunyai satu inovasi yang bisa dikembangkan dan dimanfaatkan untuk desa yang lain.

 

Sebelumnya Ketua Harian Panitia Sardi H Manalu, SE dalam Laporannya mengatakan maksud dan tujuan diadakan kegiatan ini untuk mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi perdesaan dan membangun kapasitas desa yang berkelanjutan, untuk meningkatkan kesejahteraan sosial, ekonomi, dan kemandirian desa, mensukseskan tujuan dan sasaran Pemerintah Tapteng di perdesaan, sebagai solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka dana desa yang lebih efektif dan inovatif.

 

“Informasi pokok terkait Program Inovasi Desa (PID) secara umum serta program pengelolaan pengetahuan dan inovasi desa secara khusus menginformasikan secara singkat para pelaku program di tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa, serta memperkenalkan inisiatif atau informasi masyarakat yang berkembang di desa-desa dalam menyelesaikan masalah dan menjalankan kegiatan pembangunan,” tutur  Ketua Harian Panitia Sardi H Manalu, SE dalam laporannya.

 

Kemudian, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani diwakilkan Plt. Kadis PMD Tapteng Jonnedy Marbun, S.Pd memukul Gong tanda dibukanya secara resmi Bursa Inovasi Desa Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2019, khusus Cluster I. Selanjutnya, penyerahan hadiah kepada para juara Desa Terbaik tingkat Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2019, yaitu Juara I Desa Tapian Nauli I Kecamatan Tapian Nauli, Juara II Desa Muara Nauli Kecamatan Sorkam, dan Juara III Desa Sorkam Kiri Kecamatan Sorkam.

 

Pada Bursa Inovasi Desa ini ditampilkan 4 Stand Pameran, yaitu Stand Bursa A menampilkan berbagai inovasi bidang infrastruktur, Stand Bursa B menampilkan inovasi Kewirausahaan dan Ekonomi, Stand Bursa C menampilkan inovasi sumber daya manusia, serta Stand Komitmen. Pada Stand Komitmen yang menyediakan Kartu Komitmen dan Kartu Ide untuk setiap bidang yang diisi para peserta dari desa terkait komitmen mengembangkan inovasi di desanya.

 

Adapun Ketua Panitia Bursa Inovasi Desa (BID) Tapteng Cluster I Wilson Simanungkalit dan Sekretaris Juliana Pasaribu.

 

Turut hadir pada kegiatan itu, mewakili Dandim 0211/TT, Kanit Tipikor Polres Tapteng, DPRD Tapteng, Tim Penggerak PKK Tapteng, Pimpinan OPD dan yang mewakili di lingkungan Pemkab Tapteng, Camat dan Kepala Desa, Ketua BPD di 12 kecamatan Cluster I, Pendamping Desa (PD), Pendamping Lokal Desa (PLD), dan seluruh Panitia BID Cluster I.

 

 

Foto : Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng)

menggelar Bursa Inovasi Desa di Gedung Gedung Panca Prima Pandan, Selasa (22/10/2019)

 


Artikel Lainnya
Beri Komentar

RSUD Pandan
 
Kabupaten Tapteng

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan kirim e-mail (humas@tapteng.go.id), melalui layanan pengaduan ini.

Terima kasih

 
Copyright 2014-2016 tapteng.go.id All Rights Reserved