Selamat datang di tapteng.go.id - Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah - Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan silahkan kirim e-mail ( humas@tapteng.go.id ) melalui layanan pengaduan ini.

Lambang Negara RI

Link Terkait
Pengunjung

Artikel

Dinas Kominfo Kab. Tapteng Laksanakan Sosialisasi dan Bimtek Aplikasi PPID dan SaPA
Tanggal Posting : Rabu, 14 February 2018 | 23:48 WIB
Pengirim : KOMINFO - Dibaca : 70 Kali

 

Dinas Kominfo Kab. Tapteng Laksanakan Sosialisasi dan

Bimtek Aplikasi PPID dan SaPA

 

 

Pandan.

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinas Kominfo) Kab. Tapteng melaksanakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Pengelolaan dan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan Aplikasi Sarana Pengaduan dan Aspirasi (SaPA) bertempat di Gedung Audio Visual SMAN 1 Matauli Pandan, Rabu (14/02/3018).Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani diwakilkan oleh Asisten Administrasi dan Umum (Drs. Herman Suwito, MM) dan didampingi oleh Plt. Kepala Dinas Kominfo Kab. Tapteng (Dedy Sudarman Pasaribu, SP) membuka secara resmi acara sosialisasi dan bimtek aplikasi PPID dan SaPA tersebut.

Dalam sambutan Bupati Tapteng yang dibacakan oleh Asisten Administrasi dan Umum disampaikan bahwa aplikasi ini dibangun sebagai amanat Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), yakni terwujudnya kepemerintahan yang demokratis, transparan, akuntabel, dan adanya partisipasi masyarakat dalam berbagai proses perumusan kebijakan publik. Sesuai Rencana Strategis Nasional, salah satu misi dari Nawacita adalah membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya.

Hal itu jika dikaitkan dengan Peraturan Daerah  nomor 5tahun 2017 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2017-2022, memiliki sinergi dan relevansi pada visi dan misi, yaitu visi “Terwujudnya masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah yang berkarakter, mandiri, berakhlaq dan berkeadilan yang sejahtera, dengan 10 misi, yang diantaranya pada point 1, yaitu Menciptakan pemerintahan yang bersih, berwibawa dan inovatif / mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance).

Diakhir sambutannya, Bupati Tapteng menyampaikan kepada seluruh peserta sosialisasi dan bimtek PPID dan SaPA agar benar-benar serius dalam memahaminya, khususnya Sekretaris OPD dan Admin OPD di lingkungan Pemkab Tapteng.

“Saya sampaikan agar para peserta, terutama  jabatan Sekretaris di tiap OPD dan Admin Aplikasi PPID dan SaPA dapat mengikuti sosialisasi ini dengan baik, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan kita semua tentang keterbukaan informasi publik. Prinsip dan pengetahuan yang diperoleh dapat dilaksanakan sebagai suatu bentuk pengalaman baru, yang mengarah pada dorongan untuk peningkatan kualitas pelayanan,” ujar Bupati tapteng yang dibacakan oleh Asisten Administrasi dan Umum.

Adapun sebagai narasumber pada acara ini yaitu Kabid FPPI Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) Dr. Handayani Ningrum, SE, M.Si dengan judul materi Sarana Aspirasi dan Pengaduan serta Pengelolaan dan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kemendagri. Selanjutnya, Iwan Sutani Siregar, SSTP, M.Si dari Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Utara selaku narasumber kedua dengan judul materi Hubungan PPID dengan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Undang-Undang Pelayanan Publik. MC pada acara ini Tirzah Manalu dari Bagian Humas Setdakab Tapteng, Moderator Sekretaris Dinas Kominfo Kab. Tapteng Torang M. T. Tamba, S.St, Pi, MM dan Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik dan Informasi Mulyadi Malau, M.AP.

Setelah acara pembukaan dan sosialisasi, maka pelaksanaan Bimtek diadakan di Ruang Rapat Guru SMAN 1 Matauli Pandan. Bimtek ini dipandu oleh instruktur dari Kemendagri yang menyampaikan berbagai materi meliputi Desain sistem penanganan aspirasi dan pengaduan serta pengelolaan dan pelayanan informasi melalui aplikasi SMS Gateway, SaPA, dan PPID.

Selanjutnya, para peserta Bimtek Aplikasi PPID dan SaPA melakukan simulasi penanganan pengaduan dan aspirasi melalui aplikasi SaPA, simulasi pengelolaan dan pelayanan informasi melalui aplikasi PPID, dan penyepakatan rencana tindak lanjut monitoring dan evaluasi (monev).

Hadir pada acara sosialisasi dan bimtek itu mewakili Kapolres Tapteng, Pimpinan OPD dan Camat se Kab. Tapteng, para Sekretaris OPD, dan Admin/Operator Aplikasi PPID dan SAPA dari seluruh OPD dan Kecamatan se Kab. Tapteng.

 

 

Foto : Pembukaan Sosialisasi dan Bimtek Aplikasi PPID dan SaPA.

 

Foto : Pembukaan Sosialisasi dan Bimtek Aplikasi PPID dan SaPA.

 

Foto : Penyampaian materi sosialisasi Aplikasi PPID dan SaPA oleh Dr. Handayani Ningrum, SE, M.Si.

Foto : Penyampaian materi sosialisasi Aplikasi PPID dan SaPA oleh

Dr. Handayani Ningrum, SE, M.Si.

 

Foto : penyampaian materi sosialisasi Aplikasi PPID dan SaPA oleh  Iwan Sutani Siregar, SSTP, M.Si

Foto : penyampaian materi sosialisasi Aplikasi PPID dan SaPA oleh

Iwan Sutani Siregar, SSTP, M.Si

 

 

Foto : Bimtek Aplikasi PPID dan SaPA kepada para Admin OPD di lingkungan Pemkab Tapteng oleh Instruktur Kemendagri.

Foto : Bimtek Aplikasi PPID dan SaPA kepada para Admin OPD

di lingkungan Pemkab Tapteng oleh Instruktur Kemendagri.

 


Artikel Lainnya
Beri Komentar

RSUD Pandan
 
Kabupaten Tapteng

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan kirim e-mail (humas@tapteng.go.id), melalui layanan pengaduan ini.

Terima kasih

 
Copyright 2014-2016 tapteng.go.id All Rights Reserved