Selamat datang di tapteng.go.id - Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah - Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan silahkan kirim e-mail ( humas@tapteng.go.id ) melalui layanan pengaduan ini.

Lambang Negara RI

Link Terkait
Pengunjung

Artikel

Dinas Dukcapil Kab. Tapteng Laksanakan Sosialisasi Kebijakan Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Tahun 2018
Tanggal Posting : Kamis, 9 August 2018 | 10:29 WIB
Pengirim : KOMINFO - Dibaca : 25 Kali

 

Dinas Dukcapil Kab. Tapteng Laksanakan Sosialisasi Kebijakan

Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Tahun 2018

 

 

Pandan.

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melaksanakan Sosialisasi Kebijakan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2018 bertempat di Ball Room Hotel PIA Pandan, Selasa (07/08/2018).

Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani diwakilkan oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ir. Aris Sutrisno didampingi Sekretaris Dinas Dukcapil Kab. Tapteng Ir. Ampuan Naibaho, Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Somara Marsaulina Sihombing SE, dan narasumber dari Dinas Dukcapil Provinsi Sumatera Utara membuka secara resmi Sosialisasi Kebijakan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2018 itu.

Dalam sambutan Bupati Tapteng yang disampaikan oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan disebutkan bahwa dalam rangka mewujudkan tertib Administrasi Kependudukan (Adminduk) secara Nasional berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 maka pada hakekatnya Pemerintah berkewajiban memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap penentuan status pribadi dan status hukum atas setiap peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialami oleh penduduk di wilayah NKRI. Adapun tujuan pelaksanaan sosialisasi ini untuk dapat meningkatkan pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) sejalan dengan tuntutan pelayanan yang profesional.

“Tujuan kegiatan ini guna peningkatan pelayanan administrasi kependudukan yang sejalan dengan tuntutan pelayanan yang profesional dan memenuhi standar teknologi informasi, dinamis, tertib, dan tidak diskriminatif dalam pencapaian standar pelayanan minimal,” kata Bupati Tapteng dalam sambutannya.

Untuk mengatasi permasalahan kependudukan, perlu dilakukan penyesuaian terhadap ketentuan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Adminstrasi Kependudukan.

Bupati Tapteng menghimbau kepada setiap petugas aparat pemerintah untuk ikut berperan aktif, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 dan wajib melaporkan setiap peristiwa kependudukan dan peristiwa penting lainnya yang dialami penduduk di wilayah kerjanya kepada instansi pelaksana, yang disebut juga dengan stelsel aktif. Peristiwa kependudukan yang dimaksud itu adalah peristiwa mulai lahir, memasuki usia wajib KTP, menikah, hingga penduduk tersebut meninggal dunia.

Disebutkannya, saat ini segala urusan publik sudah berbasis Nomor Induk Kependuduk (NIK), diantaranya untuk pengurusan BPJS, perbankan, agraria, pendidikan, perpajakan, ijin usaha, bantuan kesejahteraan, dan lainnya. Bahkan untuk memiliki nomor telepon seluler pun kita harus meregistrasinya dengan nomor induk kependudukan kita.

Selain itu, database kependudukan juga dipergunakan untuk mengambil keputusan strategis dalam pembangunan di Indonesia. Kementerian Dalam Negeri saat ini telah mencanangkan program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) guna membangun ekosistem pemerintahan yang peduli dan sadar pentingnya administrasi kependudukan. Program tersebut telah dilaunching pada 8 Februari 2018 lalu.

“Untuk itu, saya menghimbau kepada seluruh institusi pemerintah maupun swasta wajib mendukung GISA dan mengembangkan pendekatan kerjasama yang menempatkan database kependudukan sebagai dasar dalam melaksanakan tugas pokok dan pelayanan setiap institusi,” ujar Bupati Tapteng dalam sambutannya.

Sementara itu, Kadis Dukcapil Kab. Tapteng Erman Syahrin Lubis SSos MAP yang diwakili oleh Sekretaris Ir. Ampuan Naibaho menyampaikan tujuan kegiatan sosialisasi, yaitu menyamakan persepsi yang utuh dan mendalam antara Pemkab Tapteng dengan jajaran pemerintah kecamatan dan desa/kelurahan dalam pelaksanaan Program-program Nasional dan target kinerja Bidang Adminduk.

"Kita harus menuntaskan pelaksanaan perekaman KTP-el. Kita juga melakukan pelayanan keliling langsung ke desa, masyarakat yang tidak dapat hadir ke Dinas Dukcapil Kabupaten dengan alasan sakit maka kita tetap melayani dengan cara mendatangi. Kami harap kepada seluruh Lurah dan Kepala Desa supaya memberikan jadwal dan kami dapat mengunjungi secara langsung ke kelurahan dan desa,” ujarnya.

Adapun narasumber pada sosialisasi itu, Kadis Dukcapil Provinsi Sumatera Utara (Provsu) diwakili oleh Kasi Fasilitasi Sarana Prasarana PIAK dan ADB, Sunggul Tampubolon SE MSi.

Acara sosialisasi itu turut dihadiri oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Sekretaris, Kabid dan Kasi di Dinas Dukcapil Kab. Tapteng, Camat dan yang mewakili se Kab. Tapteng, Kasi Pemerintahan 20 kecamatan di Kab. Tapteng, BKAG, Lurah dan Kepala Desa se Kab. Tapteng, dan Kepala Puskesmas se Kab. Tapteng.

 

 

Foto : Pembukaan Sosialisasi Kebijakan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2018 dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Foto : Pembukaan Sosialisasi Kebijakan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun

2018 dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

 

Foto : Sambutan Bupati Tapteng yang dibacakan oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan sekaligus membuka acara sosialisasi secara resmi.

Foto : Sambutan Bupati Tapteng yang dibacakan oleh Asisten Ekonomi dan

Pembangunan sekaligus membuka acara sosialisasi secara resmi.

 

 

Foto : Kasi Fasilitasi Sarana Prasarana PIAK dan ADB Dinas Dukcapil Provsu memaparkan materi sosialisasi.

Foto : Kasi Fasilitasi Sarana Prasarana PIAK dan ADB Dinas Dukcapil Provsu

memaparkan materi sosialisasi.

 

 

Foto bersama usai acara pembukaan Sosialisasi Kebijakan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2018.

Foto bersama usai acara pembukaan Sosialisasi Kebijakan Kependudukan dan

Pencatatan Sipil Tahun 2018.

 

 

 


Artikel Lainnya
Beri Komentar

RSUD Pandan
 
Kabupaten Tapteng

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan kirim e-mail (humas@tapteng.go.id), melalui layanan pengaduan ini.

Terima kasih

 
Copyright 2014-2016 tapteng.go.id All Rights Reserved