Selamat datang di tapteng.go.id - Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah - Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan silahkan kirim e-mail ( humas@tapteng.go.id ) melalui layanan pengaduan ini.

Lambang Negara RI

Link Terkait
Pengunjung

Artikel

Bupati Tapteng Pimpin Rapat Pembentukan BUMDes
Tanggal Posting : Jumat, 9 February 2018 | 23:13 WIB
Pengirim : KOMINFO - Dibaca : 70 Kali

 

Bupati Tapteng Pimpin Rapat Pembentukan BUMDes

 

 

Pandan.

Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi Wakil Bupati Tapanuli Tengah Darwin Sitompul pimpin Rapat pembentukan BUMDes yang dilaksanakan di Ruang Rapat Cendrawasih Kantor Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Jumat (09/02/2018). Rapat ini dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesmas Drs. Antonius Simanjuntak, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD) Kab. Tapteng Sunardi S.Sos, Inspektur Inspektorat Kab. Tapteng Mangihut Simanullang, SE, Kabag Humas Fadlan Satya Siregar, SSTP, Camat se Kab. Tapteng beserta para Kepala Desa.

Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam sambutannya mengharapkan agar BUMDes yang dibentuk dapat berhasil dalam mengelolanya. BUMDes yang ada di setiap desa memiliki kontribusi bagi desa baik dari segi pendapatan maupun membantuanak-anak bersekolah di desa. Bupati Tapteng menegaskan kepada para Camat dan Kepala Desaagar dapat memaparkan apa usaha yang menjanjikan di wilayah masing-masing termasuk pengembangan Lubuk Larangan.

Keberadaan BUMDes sebagai wadah dalam menampung kegiatan di bidang ekonomi maupun pelayanan umum yang dikelola oleh desa atau kerja sama antar desa dan pihak ketiga.BUMDes diharapkan meningkatkan perekonomian desa, mengoptimalkan aset desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat desa, meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa, mengembangkan kerja sama antar desa dan/atau dengan pihak ketiga, menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan layanan umum warga, membuka lapangan kerja, meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa, dan meningkatkan pendapatan masyarakat desa dan pendapatan asli daerah.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kab. Tapteng mengatakan akan segera menindaklanjuti instruksi Bupati Tapanuli Tengah tentang pengelolaan BUMdes dan dana desa untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa.

“Kami undang 17 (tujuh belas) kepala desa yang akan membuat Lubuk Larangan dimana BUMDes bekerjasama dengan BUMD didalam mendapatkan PAD,” kata Sunardi, S.Sos dalam laporannya.

Selanjutnya, Kepala Dinas PMD Kab. Tapteng menyampaikan bahwa BUMdes yang dibentuk di desa memiliki keragaman usaha meliputi penyewaan alat-alat perlengkapan pesta, penyewaan kilang padi, penjualan pupuk dan obat obatan, penyewaan shooting video, kegiatan perdagangan ternak, dan lainnya. Kita fokus kepada adanya BUMDes Lubuk Larangan di air tawar dan/atau perairan umum.

Para camat memaparkan desa yang memiliki potensi pengembangan Lubuk Larangan di wilayahnya masing-masing. Adapun Lubuk Larangan yang diusulkan, yaitu di Kecamatan Sibabangun meliputi Desa Anggoli, Desa Muara Sibintuon, Desa Simanosor, Desa Hutagurgur, dan Desa Mombang Boru. Sementara itu, di Kecamatan Lumut meliputi Desa Aek Gambir, Desa Masundung, dan Desa Sialogo. Di Kecamatan Pinangsori meliputi Desa Sihaporas. Di Kecamatan Kecamatan Badiri meliputi Desa Gunung Kelambu, Desa Kebun Pisang, Desa Lubuk Ampolu, dan Desa Aek Horsik. Di Kecamatan Tukka meliputi Desa S.Kalangan II, dan Desa Sigiring-giring. Di Kecamatan Sarudik meliputi Desa Sipan. Di Desa Sitahuis meliputi Desa Naga Timbul dan Desa Rampa. Di Kecamatan Tapian Nauli meliputi Desa Tapian Nauli IV, Desa Aloban Bair, dan Desa Bair. Di Kecamatan Kolang meliputi Desa Hurlang Muara Nauli dan Desa Satahi Nauli. Di Kecamatan Pasaribu Tobing meliputi Desa Aek Nadua dan Desa Sipakpahi. Di Kecamatan Sorkam meliputi Desa Nauli. Di Kecamatan Sorkam Barat meliputi Desa Sorkam Kanan. Di Kecamatan Sosorgadong meliputi Desa Sibintang dan Desa Siantar Ca. Di Kecamatan Barus meliputi Desa Kedai Gedang dan Desa Sigambo gambo. Di Kecamatan Barus Utara meliputi Desa Sihorbo, Desa Siharbangan, dan Desa Pananggahan. Di Kecamatan Andam Dewi meliputi DesaLadang Tengah, Desa Lobu Tua, Desa Sogar, Desa Sitiris-tiris, dan Desa Sijungkang. Di Kecamatan Sirandorung meliputi Desa Mas Nauli. Di Kecamatan Manduamas meliputi

Desa Manduamas Lama, Desa Tumba, dan Desa Saragih.

 

 

Foto : Bupati Tapteng didampingi Wakil Bupati Tapteng pimpin Rapat Pembentukan BUMDes.

Foto : Bupati Tapteng didampingi Wakil Bupati Tapteng pimpin Rapat Pembentukan BUMDes.

Foto : Bupati Tapteng didampingi Wakil Bupati Tapteng pimpin Rapat

Pembentukan BUMDes.

 

 


Artikel Lainnya
Beri Komentar

RSUD Pandan
 
Kabupaten Tapteng

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan kirim e-mail (humas@tapteng.go.id), melalui layanan pengaduan ini.

Terima kasih

 
Copyright 2014-2016 tapteng.go.id All Rights Reserved