Selamat datang di tapteng.go.id - Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah - Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan silahkan kirim e-mail ( humas@tapteng.go.id ) melalui layanan pengaduan ini.

Lambang Negara RI

Link Terkait
Pengunjung

Artikel

Bupati Tapanuli Tengah Membuka Secara Resmi Musrenbang RKPD Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2020
Tanggal Posting : Selasa, 19 March 2019 | 00:53 WIB
Pengirim : KOMINFO - Dibaca : 51 Kali

Bupati Tapanuli Tengah Membuka Secara Resmi Musrenbang RKPD

Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2020

 

 

 

Pandan – Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Tapanuli Tengah (Kab. Tapteng) Tahun 2019 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kab. Tapteng Tahun 2020 di Hotel PIA Pandan, Kamis (14/03/2019). Musrenbang ini mengusung tema "Peningkatan Sektor Pertanian dan Perikanan untuk Mendukung Tumbuhnya Agro Industri Berbasis Sumberdaya Lokal dan Inovatif.” Acara ini dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, dilanjut dengan Doa oleh Nasruddin Tambunan. 

Mengawali sambutannya, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani mengatakan Musrenbang ini merupakan Forum yang ketiga setelah sebelumnya dilaksanakan Forum Konsultasi Publik dan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka Penyusunan RKPD Kabupaten Tapanuli Tengah tahun 2020.

Selanjutnya sejalan dengan arah kebijakan pembangunan tahun 2020 pada RPJMD tentang Penguatan Ketahanan pangan, peningkatan Produksi Pertanian, Kelautan dan perikanan untuk mendukung tumbuhnya Agro industri berbasis Sumber Daya Lokal Serta terwujudnya Kemandirian Pangan, maka tema Pembangunan Kabupaten Tapanuli Tengah pada RKPD tahun 2020 difokuskan pada peningkatan sektor pertanian dan perikanan untuk mendukung tumbuhnya Agro Industri berbasis Sumberdaya lokal yang Inovatif. Prioritas pembangunan Daerah meliputi peningkatan produksi pertanian, perkebunan, kelautan, dan perikanan. Selanjutnya, peningkatan kapasitas UMKM, IKM, dan Koperasi serta penguatan investasi berbasis sumberdaya lokal yang inovatif serta percepatan pembangunan Infrastruktur. Untuk menindaklanjuti hal tersebut pada tahun 2020 perlu Inovasi, sinegritas lintas sektor OPD dan pemangku kepentingan terkait untuk memberhasilkannya.

Sehubungan dengan prioritas prioritas pembangunan Tapteng tahun 2010, diharapkan Pimpinan OPD dapat menyerap aspirasi masyarakat melalui usulan Musrenbang ini, demikian juga hasil Musrenbang Kecamatan maupun pokok pokok pikiran DPRD Kab. Tapteng, untuk diakomodir dan diselaraskan dengan program dan kegiatan Renja OPD tahun 2020 dengan mengacu pada prioritas Daerah, Prioritas Provinsi, maupun Prioritas Nasional Tahun 2020.

“Saya minta seluruh OPD dan Camat agar mengikuti seluruh kegiatan Musrenbang hari ini termasuk dalam kegiatan Desk masing masing bidang, sampai selesainya seluruh tahapan pengusulan di dalam Renja dan RKPD tahun 2020. Khusus Camat, agar memastikan hasil Musrenbang Kecamatan sudah diakomodir dalam Renja OPD tahun 2020,” kata Bupati Tapteng.

“Kita lakukan musrenbang ini setiap tahun, itu tentu memberhasilkan prioritas utama pembangunan daerah. Kita dapat bantuan Provinsi Sumatra Utara membangun Jembatan di Barus. Kita sudah memulai membangun berbagai infratruktur. Tujuan kita Bupati untuk membangun kampung halaman, yaitu Kabupaten Tapanuli Tengah. Jalan Nasinal dibangun batas Tapsel menuju Barus. RSUD Pandan sudah terbangun. Di bidang pendidikan bagi keluarga yang memiliki anak tidak mampu dan pintar masuk perguruan tinggi dikuliahkan oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah. Kita memperhatikan kominiti sawit di Tapteng dan berbagai komoditas lainnya. Infrastruktur jalan sudah mulai mulus,” ujarnya.

Lanjutnya, berbagai pembangunan jalan akan tuntas pada tahun 2020. Berbagai infrastruktur lainnya di berbagai sektor juga dibangun. Selain itu, peningkatan pelayanan dasar juga menjadi prioritas di Kab. Tapteng seperti pelayanan kesehatan masyarakat.

Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani juga menyebutkan tentang adanya peledakan bom di Kota Sibolga yang dengan sigap dapat diatasi oleh Aparat Keamanan.

“Agama tidak menjadi pembatas persaudaraan kita. Jangan ada isu SARA di tengah masyarakat. Mari kita jauhi narkoba. Mari kita jaga kekondusifan Kabupaten Tapanuli Tengah. Kalau ada kedapatan main judi Laporkan ke pihak berwajib. Kita bersinergi dengan Kota Sibolga. Presiden Jokowi akan meresmikan Pelabuhan kota Sibolga pada 17 Maret 2019,” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Kab. Tapteng Basyri Nasution, SP melaporkan bahwa tujuan pelaksanaan kegitan ini mewujudkan kordinasi, sikronisasi, dan keterpaduan antara Rancangan Renja OPD dengan Rancangan RKPD Kab. Tapteng tahun 2020. Menyempurnakan rancangan RKPD menjadi rancangan akhir RKPD Tahun 2020, yang memuat prioritas pembangunan daerah dan alokasi anggaran Indikatif berdasarkan program dan kegiatan tahun 2020.

Pada kesempatan itu, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul memukul Gong tanda dibukanya secara resmi Musrenbang Kab. Tapteng tahun 2019 dalam rangka penyusunan RKPD Kab. Tapteng tahun 2020.

Diakhir acara pembukaan musrenbang ini, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani, atas nama Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) memberikan Cendramata kepada Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Tapteng yang mengelola DAK Tahun Anggaran 2018 terbaik, selanjutnya cenderamata kepada Kepala Bappeda ataupun yang mewakili dari kabupaten/kota yang berbatasan dengan Kab. Tapteng juga cendramata kepada Forkopimda Tapteng atau yang mewakili Danrem 023/KS, Dandim 0211/TT, Dansatradar Sibolga,Danlanal Sibolga, Polres Tapteng, dan Kejari Sibolga, serta perwakilan Bappeda Provinsi Sumatra Utara (Provsu).

Musrenbang Kab. Tapteng Tahun 2019 turut dihadiri Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul, Forkopimda Tapteng, Pimpinan dan Anggota DPRD Kab. Tapteng, Sekretaris Daerah Kab. Tapteng, Staf Ahli dan Asisten, OPD Provsu selaku narasumber, Bappeda Kabupaten/Kota berbatasan, Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Tapteng, Instansi Vertikal yang memiliki wilayah kerja dengan Kab. Tapteng, para Camat se- Kab. Tapteng, Tim Penggerak (TP) PKK Kab. Tapteng, BUMN/BUMD, KNPI Kab. Tapteng, KONI Kab. Tapteng, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan, LSM, Organisasi Profesi, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, Ketua Kadin Kab. Tapteng, para Akademisi di Kab. Tapteng, dan undangan lainnya.

 

.

Foto : Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani buka Musrenbang Kab. Tapteng

Tahun 2019 dalam rangka menyusun RKPD Kab. Tapteng Tahun 2020.





 

 


Artikel Lainnya
Beri Komentar

RSUD Pandan
 
Kabupaten Tapteng

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan kirim e-mail (humas@tapteng.go.id), melalui layanan pengaduan ini.

Terima kasih

 
Copyright 2014-2016 tapteng.go.id All Rights Reserved