Selamat datang di tapteng.go.id - Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah - Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan silahkan kirim e-mail ( humas@tapteng.go.id ) melalui layanan pengaduan ini.

Lambang Negara RI

Link Terkait
Pengunjung

Artikel

Bakesbangpol Provsu dan Bakesbangpol Kab. Tapteng Laksanakan Orientasi Kewaspadaan Dini Terhadap Bahaya Laten di Kabupaten Tapanuli Tengah
Tanggal Posting : Senin, 25 March 2019 | 02:44 WIB
Pengirim : KOMINFO - Dibaca : 89 Kali

Bakesbangpol Provsu dan Bakesbangpol Kab. Tapteng Laksanakan

Orientasi Kewaspadaan Dini Terhadap Bahaya Laten

di Kabupaten Tapanuli Tengah

 

 

Pandan – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) dan Bakesbangpol Kabupaten Tapanuli Tengah (Kab. Tapteng) melaksanakan Kegiatan Orientasi Kewaspadaan Dini Terhadap Bahaya Laten di Kab. Tapteng bertempat di Hotel PIA Pandan pada Kamis (21/03/2019). Kegiatan ini mengusung tema “Lawan Hoax dan Tolak Politisasi SARA, Bahaya Laten Menjelang Pilpres dan Pileg Tahun 2019.

 

Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul membuka secara resmi kegiatan orientasi kewaspadaan dini itu dilanjutkan dengan membaca Sambutan Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani. Dalam sambutannya, disebutkan bahwa kita bersama-sama harus melawan berbagai berita bohong (hoax) dan politisasi suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA).

“Mari kita bersama melawan hoax dan tolak politisasi SARA yang merupakan bahaya laten menjelang Pemilihan Presiden dan Legislatif tahun 2019 di Kabupaten Tapanuli Tengah ini. Pemilu merupakan sarana penunjang dalam mewujudkan sistem ketatanegaraan secara demokratis, yang pada hakikatnya merupakan proses ketika rakyat sebagai pemegang kedaulatan memberikan mandat kepada para calon pemimpin untuk jadi pemimpinnya. Dengan pelaksanaan pemilu yang luber dan jurdil diperlukan partisipasi aktif masyarakat,” kata Bupati Tapteng yang dibacakan oleh Wakil Bupati Tapteng.

"Marilah kita melaksanakan Pemilihan Presiden Dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif tahun 2019 dengan sejuk, damai, dan semangat kekeluargaan untuk mencari yang terbaik bagi pemimpin bangsa Indonesia dan Kabupaten Tapanuli Tengah. Kita hentikan mencari kesalahan atau kekurangan dari masing-masing Pasangan Calon yang akan mengikuti peserta demokrasi ini. Kita harus merasakan bahwa kita semua satu keluarga besar Tapanuli Tengah,” ujarnya.

Pemilu serentak 2019 merupakan proses pelaksanaan pemilu dengan lima (5) surat suara yang dilakukan secara bersama-sama yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kab/Kota, dan DPD. Serentaknya Pemilu 2019 ini tentu akan menemukan banyak permasalahan dan kerawanan yang kemudian berdampak pada kualitas proses dan hasil pemilu 2019.

Tantangan Pemilu tidak hanya terletak pada proses dan hasil, tetapi juga pada sejauh mana pemerintah dan masyarakat Tapanuli Tengah mengenal para peserta calon yang diusung partai politik dan tersebar di masing-masing Dapil. Dengan demikian proses pemantauan menjadi hal yang sangat penting dalam menghadapi Pemilu 2019. Aktivitas pemantauan pada prinsipnya merupakan kegiatan memantau tahapan proses pelaksanaan pemilu dengan cara mengumpulkan data, temuan dan informasi pelaksanaan Pemilu. Pemantauan bersama-sama menjadi tradisi penting dalam menciptakan iklim pemilu yang jurdil dan demokrasi.

Sebagai penutup saya menekankan kepada seluruh peserta orientasi ini agar dapat berjalan lancar. Tolong hati-hati terhadap penggunaan media sosial,” pesan Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Sebelumnya, Kepala Bakesbangpol Kab. Tapteng Drs. Warifin Limbong dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini didasari Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Permendagri) nomor 2 Tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini Di Daerah.

Maksud dilaksanakannya orientasi kewaspadaan dini terhadap bahaya laten adalah untuk meningkatkan kepekaan kesiagaan dan antisipasi masyarakat dalam menghadapi potensi dan indikasi timbulnya ancaman terhadap bahaya laten di masyarakat menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak, yaitu Pemilihan Presiden Republik Indonesia dan Wakil Presiden RI (Pilpres) serta Pemilihan Legislatif (Pileg) dan DPD RI tahun 2019. Tujuannya adalah terwujudnya situasi yang aman berkat kerja sama antara aparat pemerintah dan masyarakat untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam upaya pencegahan bahaya laten di Provinsi Sumatera Utara khususnya dan di Kabupaten Tapanuli Tengah menjelang Pilpres dan Pileg tahun 2019 ini,” kata Kepala Bakesbang Kab. Tapteng.

Acara ini turut dihadiri oleh Dandim 0211/TT diwakili Kasdim 0211/TT, Kapolres Tapteng diwakili Kasat Reskrim Pores Tapteng, Kakan Kemenag Kab. Tapteng diwakili oleh Kasi Bimas Islam, mewakili Kepala Bakesbangpol Provsu, Kepala Bakesbangpol Kab. Tapteng dan jajarannya, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, dan Tokoh Pemuda.

 

 

Foto : Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) dan Bakesbangpol Kabupaten Tapanuli Tengah (Kab. Tapteng)

melaksanakan Kegiatan Orientasi Kewaspadaan Dini Terhadap Bahaya Laten di Kab. Tapteng

bertempat di Hotel PIA Pandan pada Kamis (21/03/2019). 

 

 


Artikel Lainnya
Beri Komentar

RSUD Pandan
 
Kabupaten Tapteng

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan kirim e-mail (humas@tapteng.go.id), melalui layanan pengaduan ini.

Terima kasih

 
Copyright 2014-2016 tapteng.go.id All Rights Reserved