Selamat datang di tapteng.go.id - Website Resmi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah - Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan silahkan kirim e-mail ( humas@tapteng.go.id ) melalui layanan pengaduan ini.

Lambang Negara RI

Link Terkait
Pengunjung

Artikel

Akper Pemkab Tapteng Laksanakan Seminar Penelitian untuk Pencegahan Banjir di Kelurahan Pondok Batu Kecamatan Sarudik
Tanggal Posting : Selasa, 23 July 2019 | 10:54 WIB
Pengirim : KOMINFO - Dibaca : 52 Kali

Akper Pemkab Tapteng Laksanakan Seminar Penelitian untuk Pencegahan Banjir di Kelurahan Pondok Batu Kecamatan Sarudik

SARUDIK - Akademi Keperawatan (Akper) Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi, yang salah satu diantaranya adalah melalui Penelitian Ilmiah. 
Acara tahunan yang dilaksanakan Akper Pemkab Tapteng itu kali ini dengan judul "Hubungan Pengetahuan Sikap dan Tindakan Masyarakat tentang Pengelolaan Sampah dengan Potensi Terjadinya Banjir di Kelurahan Pondok Batu Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2019". 
Acara pembukaan Seminar Penelitian diawali dengan Laporan Ketua Panitia Ns. Tiur R. Sitohang, S.Kep, M.Kep yang mengatakan penelitian ini dilatarbelakangi oleh Visi Akper Pemkab Tapteng yaitu "Menjadi Program Studi yang unggul dalam Keperawatan Bencana pada Tahun 2020, dimana salah satu misinya adalah Menyelenggarakan dan mengembangkan Penelitian ilmiah. Hal ini turut mendukung terwujudnya Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Tapteng yang tertuang pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kab. Tapteng.
"Tahapan penelitian terdiri dari Survey Pendahuluan, Pengumpulan Data, Seminar Hasil dengan lokasi Penelitian di Kelurahan Pondok Batu. Sampel 187 Ibu Rumah Tangga. Waktu Penelitian mulai Bulan Juni sampai Juli 2019," kata Ns. Tiur R. Sitohang, S.Kep, M.Kep.
Sementara itu, Plt. Camat Sarudik Harrys PT. Sihombing, S.Sos dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas terlaksananya kegiatan ini.
"Akper Pemkab Tapanuli Tengah melaksanakan ini di wilayah Kecamatan Sarudik. Pemilihan lokasi penelitian ini sangat tepat karena Kelurahan Pondok Batu kondisi alamnya memang rawan banjir dan salah satu penyebabnya akibat saluran parit dan sungai yang meluap akibat tumpukan sampah. Semoga dengan dilaksanakannya penelitian ini, hasilnya dapat menyadarkan masyarakat bahwa bencana banjir dapat dicegah bila warga bersama-sama mampu mengelola sampah degan baik," kata Harrys PT. Sihombing.
Danramil Pandan melalui Pelda Z. Marpaung dalam sambutannya turut menyampaikan dukungan atas terlaksananya kegiatan ini, dan secara khusus memberikan motivasi kepada warga agar serius dalam hal pencegahan bencana melalui pengelolaan sampah dengan baik.
Pada kesempatan itu, Direktur Akper Pemkab Tapteng Rostianna Purba, S.Pd, M.Kes dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan terima kasih seluruh pihak terkait atas pelaksanaan kegiatan ini dengan baik.
Direktur Akper Pemkab Tapteng mengharapkan melalui seminar penelitian ini memberikan manfaat peningkatan wawasan masyarakat dalam hal pengelolaan sampah sekaligus mengubah perilaku warga demi mencegah terjadinya bencana banjir.
Acara ini dilanjutkan dengan pemaparan Hasil Penelitian oleh Keynote Speaker Direktur Akper Pemkab Tapteng Rostianna Purba, S.Pd, M.Kes dan Ns. Tiur R. Sitohang, S.Kep, M.Kep. Dilanjutkan dengan sesi Diskusi dan Tanya Jawab. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan kesimpulan, penandatanganan Komitmen Siap Cegah Bencana Banjir oleh seluruh peserta acara.
Hadir dalam acara Seminar penelitian ini, yaitu Direktur Akper Pemkab Tapteng Rostianna Purba, S.Pd, M.Kes, Plt Camat Sarudik Harrys PT. Sihombing, S.Sos Forkopimka yaitu Danramil Pandan diwakili Pelda Z. Marpaung, Kepala Puskesmas Sarudik Ahmad Sungadi, SKM, M.Kes, KUA Kec. Sarudik Sahlan Siregar, Lurah Pondok Batu Kosasih Manalu, Civitas Akademika Akper Pemkab Tapteng, para Kepala Lingkungan, Warga Kelurahan Pondok Batu, serta Mahasiswa Akper Pemkab Tapteng.
Foto : Akademi Keperawatan (Akper) Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi


Artikel Lainnya
Beri Komentar

RSUD Pandan
 
Kabupaten Tapteng

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pesan singkat berupa saran, kritikan, dan pengaduan pelayanan perizinan, silahkan kirim e-mail (humas@tapteng.go.id), melalui layanan pengaduan ini.

Terima kasih

 
Copyright 2014-2016 tapteng.go.id All Rights Reserved